Bahan-Bahan yang Wajib Hadir Demi Menciptakan Resep Tom Yam Enak

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Februari 28, 2019

Siapa yang tak ingin tahu kunci resep tom yam yang enak? Untuk menciptakan semangkuk tom yam yang bercita rasa sedap, wajib hukumnya untuk menyertakan bahan-bahan berikut ini. Alasannya tentu adalah agar tom yam menghasilkan elemen-elemen rasa yang kompleks. Memang membutuhkan banyak bahan dan bumbu, tapi dijamin pasti rasanya takkan kalah dengan semangkuk tom yam di restoran premium.

Apa sajakah itu? Mari simak bahan-bahannya berikut ini:

1. Resep Tom Yam dimulai dari kecap ikan

Kecap ikan memberi cita rasa dan aroma yang khas pada kuah tom yam. Kamu wajib menyertakan kecap ikan ke dalam resep tom yam. Di dapur Thailand, kecap ikan tak hanya memegang perananan penting sebagai bumbu masakan, tetapi juga sebagai salah satu bahan saus atau cocolan (nam pla prik).

2. Daun jeruk dan daun ketumbar

Daun memberi sensasi aromatik pada kuah tom yam. Dua jenis daun yang penting adalah daun jeruk dan daun ketumbar. Saat menggunakan daun jeruk, robek daun dari tulangnya untuk mengeluarkan aroma jeruk yang lebih kuat. Sementara daun ketumbar, cincangan daun dan batangnya digunakan sebagai taburan, sementara bagian akarnya disertakan dalam proses memasak kaldu.

 

Seikat daun ketumbar segar untuk resep tom yam.
Aromatik dan unik. Sensasi daun ketumbar memang sulit digantikan untuk resep tom yam. (Foto: Shutterstock)

3. Serai dan lengkuas

Perpaduan serai dan lengkuas menguatkan rasa dan aroma kuah dalam proses perebusan kuah sup udang ini. Rasa dan aroma serai dan lengkuas sangatlah unik dengan sensasi limey, aromatik, dan sedikit sensasi pedas. Jadi, kalau tak punya lengkuas dan serai, jangan bilang ini tom yam, ya!

4. Kaldu ikan atau kaldu seafood

Jangan sia-siakan ampas tulang ikan atau ampas udang yang tak terpakai (kulit dan kepala). Gunakan untuk menghasilkan kaldu ikan atau seafood yang gurih untuk kuah tom yam. Rebus tulang ikan atau ampas udang bersama bawang putih, jahe, akar daun ketumbar, dan kecap ikan hingga kaldu meresap. Kaldu yang dimasak kembali bersama bumbu dan isi tom yam ini tentunya akan memberi cita rasa yang menggugah selera.

Resep tom yam membutuhkan kehadiran udang.
Untuk resep tom yam, memilih udang segar penting agar kaldu tak berbau. (Foto: Shutterstock)

5. Air asam jawa

Kuah asam yang dihasilkan dari tamarin atau asam jawa memberi sentuhan asam pada kuah tom yam. Peran bumbu yang medok dengan ini diimbangi dengan sumbangan rasa tamarin yang asamnya cenderung kalem. Sangat pas dipadukan dengan tom yam berkuah santan atau tanpa santan.

Selain cita rasanya yang asam, pedas, dan gurih, kekayaan bumbu dalam sebuah resep tom yam juga berkhasiat menghangatkan tubuh dan seringkali disebut sebagai sup herbal. Buat kamu yang ingin menu sehat dan sedap, memasak resep tom yam bisa jadi saah satu pilihan yang seru!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.