4 Tips Masak Sayur Agar Anak Doyan Makan

Wina|Mei 31, 2018

Pilih-pilih makanan adalah fase wajar di masa tumbuh kembang anak-anak. Selama kita tidak menyerah dan terus menyuguhkan menu masakan yang beragam, lambat laun anak-anak bisa menyukai apa yang tersaji. Berikut aku pilihkan 4 tips masak sayur agar anak doyan makan.

1. Ajak jagoan kecilmu untuk memasak

Namanya juga anak kecil, bawaannya selalu penasaran akan apa yang ibunya lakukan di dapur. Nah, ajak mereka untuk melihat atau membantu menyiapkan hidangan di rumah. Menurut beberapa ahli, si kecil sudah lebih aman ikut ke dapur ketika telah berumur di atas dua tahun.

Agar si kecil lebih semangat, berikan tugas yang mudah tetapi terlihat menyenangkan seperti mencuci sayur, memeras jeruk, atau memasukkan bahan-bahan ke dalam panci. Semuanya harus dilakukan di bawah pengawasanmu. Kalau masih khawatir, minta mereka untuk membantu menyiapkan makanan saja dulu. Ajari cara menyusun dan menata perlengkapan makan serta hidangannya di atas meja.

2. Sulap sayur menjadi smoothie

tips masak sayur
Manis dan segar, si kecil tidak akan menduga kalau smoothies ini terbuat dari sayur. (Foto : Shutterstock)

Susah membujuk anak untuk menyukai sayuran? Bagaimana kalau membuat smoothie? Sajian penuh vitamin dan nutrisi ini cocok untuk anak. Dengan membuat smoothie yang cantik dengan berbagai pilihan warna, si kecil bakal semangat menyantap sayuran dan buah-buahan tanpa pakai acara mogok makan.

Untuk kreasi smoothie yang lezat, padukan yoghurt atau susu dengan potongan buah dan sayur yang terlebih dulu sudah dibekukan agar tidak perlu menambahkan es batu lagi. Selain itu, kamu bisa mengombinasikan pisang, nanas, bahkan bayam.

3. Kreasikan menu sate sayur

tips masak sayur
‘Rakit’ sate dengan pilihan sayur yang mereka suka. (Foto: Shutterstock)

Anak-anak gampang bosan dengan sesuatu yang berulang-ulang. Mereka lebih tertarik untuk menyantap makanan yang terlihat menarik dan unik. Di sinilah kreativitas kamu dibutuhkan! Salah satu kreasi makanan menarik tapi sehat dan bergizi adalah sate sayur. Kamu bisa ‘merakit’ potongan sayuran seperti zucchini, paprika, tomat, jagung, dan brokoli yang kemudian disatukan oleh tusukan sate. Voila! Hasilnya terlihat seperti sate warna-warni yang cantik.

4. Buat saus celupan yang seru

tips masak sayur
Sajikan sayuran dengan lelehan keju seperti fondue. (Foto: Shutterstock)

Makan sayur tidak harus membosankan, kamu bisa mencontek tips masak sayur dengan mengikuti tren makanan yang sedang disukai oleh anak-anak. Coba aplikasikan konsep tersebut dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Salah satu contohnya adalah tren makanan yang disajikan dengan saus lelehan keju alias fondue. Tidak hanya cara ini akan membuat si kecil mau makan sayur, pengalaman makan mereka juga akan menjadi menyenangkan.

Bagaimana? Semoga sukses dicoba di rumah ya teman-teman. Selanjutnya, jangan lupa main-main ke bagian resep dan bumbu untuk inspirasi masak yang lebih seru lagi.