5 Tips Masak Nasi Goreng Gaya Restoran China

Tim MAHI|Juni 5, 2018

Apa yang membedakan nasi goreng Indonesia dengan versi Chinese food? Salah satu perbedaannya adalah penggunaan kecapnya – versi Indonesia terkenal dengan kecap manisnya, sementara gaya China menggunakan kecap asin. Selain itu banyak hal lainnya yang membedakan dua gaya ini. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, simak 5 tips masak nasi goreng khas China berikut ini.

Pemilihan jenis nasi untuk tekstur sempurna

Tips Masak Nasi Goreng
Baik nasi sisa semalam atau nasi baru, pilih yang sesuai dengan bujet dan waktu yang kamu miliki. (Foto: Shutterstock)

Tips masak nasi goreng yang pertama dimulai dari pemilihan nasi. Ini menjadi bagian paling penting agar hasil masakannya bisa optimal. Ada dua tipe nasi yang bisa kamu gunakan, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan nasi sisa semalam
    Biasanya nasi sisa semalam cocok untuk memasak nasi goreng. Tapi yang perlu diperhatikan dari nasi jenis ini adalah teksturnya yang lebih kering. Waktu memasak yang tepat menjadi kunci penggunaan nasi kemarin agar hasilnya maksimal.
  2. Gunakan nasi yang telah dikipasi
    Punya waktu lebih? Masak nasi yang baru dan setelah matang, langsung sebarkan nasi secara merata di atas nampan. Dinginkan nasi dengan mengibasi kipas sate sambil diaduk-aduk. Jika dirasa sudah cukup kering, angkat dan segera masak.

Penggunaan bumbu dengan kadar berbeda

Tips Masak Nasi Goreng
Nasi goreng khas China biasanya hanya menggunakan sedikit kecap asin. (Foto: Shutterstock)

Koki di dapur restoran China tidak menggunakan terlalu banyak saus ataupun kecap. Hal ini untuk menghindari warna nasi yang menjadi terlalu gelap serta rasa yang terlalu berat. Rasa gurih biasanya didapatkan dari kecap ikan serta saus tiram. Berbeda dengan gaya Indonesia yang memiliki cita rasa kecap manis yang cukup kental serta sambalnya yang pedas.

Gunakan wok untuk memasaknya

Tips Masak Nasi Goreng
Wok menyalurkan panas dengan rata dan memberi hasil masakan yang lebih baik. (Foto: Shutterstock)

Untuk beragam jenis masakannya, orang Tiongkok menggunakan wok untuk memasak. Dengan menggunakan wajan jenis ini kamu bisa memasak dalam waktu yang relatif singkat karena suhunya yang panas dan cocok untuk penggunaan api besar. Bentuknya yang besar dan membulat memudahkan kita untuk mengaduk-aduk masakan. Meskipun terdengar mudah, tetap saja kuncinya adalah tetap berlatih menggunakannya. Dengan sendirinya, hasil masakan juga akan semakin mendekati kualitas yang semestinya.  

Teknik memasak tanpa wok

Tips Masak Nasi Goreng
Memasak dengan panci biasa juga tidak masalah asalkan kamu tahu triknya. (Foto: Shutterstock)

Tidak punya wajan wok? Tidak apa-apa, kamu masih bisa menggunakan wajan penggorengan biasa. Berikut adalah beberapa saran dari Tim MAHI agar hasilnya mirip dengan menggunakan wok:

  1. Gunakan panci yang berukuran sedang atau besar. Hal ini untuk memudahkan kamu memasak dan mencegah makanan jatuh saat digoreng.
  2. Setelah menumis bahan-bahan halus, kecilkan api kompor dan masukkan nasi. Aduk-aduk hingga bumbu dan nasi tercampur rata. Setelah dirasa cukup rata, besarkan api hingga maksimal dan terus aduk nasi supaya tidak ada yang menempel di dasar wajan.

Gunakan minyak yang tepat

Minyak goreng yang kamu gunakan untuk menumis memegang peranan penting untuk menciptakan cita rasa Asia. Minyak yang paling tepat untuk memasak nasi goreng adalah minyak sayur atau minyak kacang. Keduanya memiliki titik didih yang tinggi sehingga tidak membuat makanan cepat gosong. Menggunakan minyak zaitun ataupun mentega akan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Hasilnya bisa saja lezat tapi rasanya menjadi kurang otentik.

Sekian tips masak nasi goreng dari kami di Tim MAHI. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.