5 Tips Masak Ayam Tanpa Minyak untuk Hidup Lebih Sehat

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Mei 30, 2018

Masakan yang serba digoreng memang enak, tapi kadar lemak dan kolesterolnya itu bisa tinggi banget! Menggoreng memang adalah satu metode memasak yang paling mudah. Tapi demi menjaga kesehatan kamu dan keluarga, ada baiknya kamu menyimak 5 tips masak ayam tanpa minyak berikut ini. Makan enak tidak harus mengorbankan kesehatan kok teman-teman.

1. Memasak menggunakan rice cooker

tips masak ayam
Kamu belum sah jadi anak kost, kalau belum punya rice cooker! (Foto: Shutterstock)

Alat masak yang satu ini wajib dimiliki siapapun meski tidak memiliki dapur sama sekali. Banyak orang yang terkejut ketika mengetahui bahwa rice cooker bisa memasak aneka makanan dengan mudah tanpa minyak sedikit pun! Terlepas dari namanya, rice cooker bisa digunakan untuk mengolah masakan mulai dari ayam, daging, sayur, hingga kue.

Memasak ayam tanpa minyak dengan rice cooker akan membutuhkan waktu antara 1-2 jam. Kalau bosan menunggu, lebih baik lagi jika kamu memasak di malam hari saja agar bisa disantap untuk sarapan. Mudahnya memasak menggunakan rice cooker mirip dengan memasak nasi — masukkan saja semua bahan dan tekan tombol ‘Cook’. Tinggal tunggu deh masakan jadi matang.

2. Menumis tanpa minyak

tips masak ayam
Ingin hidup tanpa minyak? Kalau kamu kreatif, bisa kok! (Foto: Shutterstock)

Teknik memasak yang satu ini sudah semakin akrab di telinga orang Indonesia. Sautéeing atau menumis dengan menggunakan sedikit bahkan tanpa minyak bisa dilakukan dengan bermodalkan wajan dan api besar. Kalau kamu bertanya, memangnya bisa menumis tanpa minyak? Bisa! Kuncinya adalah mengganti minyak dengan air biasa atau air kaldu. Jangan lupa rajin-rajin mengaduk masakan kamu secara berkala agar tidak cepat gosong.

3. Membuat pepes ayam

Yang satu ini adalah cara memasak tradisional Indonesia yang menggunakan teknik mengukus. Tips masak ayam ini dijamin lebih lezat karena ayam dibalut menggunakan beragam rempah khas Indonesia. Ayam kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Selain menjadi wangi dan rasa lebih meresap, teknik mengukus ini menjaga keutuhan nutrisi ayam yang biasanya hilang karena proses penggorengan atau pemanggangan.

4. Memanggang ayam

Zaman sekarang, teknik memasak dengan cara memanggang biasanya hanya menggunakan oven. Cara ini tidak memerlukan minyak atau air sebagai medium perpindahan panas. Selain cara mengukus yang tadi aku jelaskan, ayam yang telah dibumbui bisa dimasak saja terlebih dahulu dan kemudian dibungkus daun pisang. Selanjutnya kamu bisa panggang menggunakan grilling pan ataupun wajan anti lengket saja. Selain lebih lezat, dapat juga rasa smoky-nya!

5. Mengganti minyak dengan bahan lain

tips masak ayam
Meski rasanya manis, pure apel tidak akan mengubah rasa masakan kamu. (Foto: Shutterstock)

Banyak yang sepertinya sulit lepas dari betapa vitalnya minyak goreng dan mentega dalam keseharian kita. Padahal sebetulnya ada alternatif-alternatif lainnya yang lebih sehat, seperti:

  1. Puree apel
    Pure apel dibuat dari apel yang direbus dan dihaluskan. Pure apel ini mempunyai tekstur mirip dengan mentega yang dilelehkan. Rasanya yang cukup ringan tidak akan banyak memengaruhi rasa makanan yang kamu masak.
  2. Puree pisang
    Pisang matang yang dihancurkan juga cocok dijadikan pengganti minyak atau mentega. Gunakan ¾ cangkir puree pisang untuk setiap 1 cangkir minyak.

Setelah menguasai tips masak ayam tanpa minyak tadi, tentu kamu ingin coba resep-resep dariku yang lain bukan? Untuk menu sehat lainnya, aku sarankan untuk mencoba juga resep sup ayam bening. Selamat memasak!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.