5 Tips Masak Ayam Goreng Kekinian Khas Artis

Tim MAHI|Juni 11, 2018

Belakangan ini lahir fenomena baru di dunia kuliner menyusul hebohnya kue artis — yaitu ayam geprek dengan berbagai macam sambal! Penasaran ingin macam-macam ayam goreng khas artis dengan sambal-sambalnya yang unik? Berikut tim MAHI berikan 5 tips masak ayam goreng kekinian khas para artis.

1. Ayam Goreng Geprek Mozzarella

tips masak ayam goreng
Kelezatan ayam goreng geprek mozzarella ini akan membuat siapapun meleleh! (Foto: Shutterstock)

Yakin bisa menolak kelezatan keju mozzarella? Gurihnya lelehan keju tersaji di atas ayam goreng tepung. Rasanya sudah seperti masakan Barat saja bukan? Untuk tips masak ayam goreng yang satu ini biasanya berputar di pertanyaan soal lelehan keju. Agar hasilnya baik, gunakan oven ataupun wajan anti lengket.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, keju mozzarella, tepung serba guna, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Lumuri ayam dengan tepung serba guna lalu goreng hingga matang dan kecoklatan.
  2. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan Royco Kaldu Ayam dengan ulekan. Kemudian siram dengan sedikit minyak panas sisa penggorengan.
  3. Letakkan ayam di atas ulekan. Geprek di atas bumbu yang sudah di ulek. Aduk sedikit agar bumbu tersebar rata.
  4. Pindahkan ayam yang sudah bercampur bumbu ke atas wajan. Taburi dengan keju mozzarella, panaskan wajan agar keju meleleh. Angkat dan sajikan.

2. Ayam Goreng Geprek Saus Telur Asin

tips masak ayam goreng
Lebih suka digeprek atau tidak, semua tergantung selera. (Foto: Shutterstock)

Kuliner serba telur asin masih menjadi kesayangan para penggiat kuliner di banyak kota besar. Ayam goreng dalam balutan tepung yang garing semakin istimewa dengan siraman saus telur asin di atasnya. Agar hasilnya maksimal, tips masak ayam goreng untuk resep yang satu ini adalah memasak saus telur asin dengan api kecil saja hingga berbusa. Metode ini akan membuat tekstur saus lebih lembut dan creamy.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, tepung terigu, kuning telur asin, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, Royco Kaldu Ayam, minyak sayur, dan daun bawang.

Cara membuat:

  1. Potong ayam lalu lumuri dengan tepung terigu yang sudah dicampur dengan merica dan Royco Kaldu Ayam. Taburi dengan rata kemudian goreng hingga matang dan kecoklatan.
  2. Buat saus telur asin. Tumis irisan bawang merah, bawang putih dan cabai hingga harum. Masukkan sedikit air dan kuning telur. Aduk hingga telur hancur dan larut.
  3. Letakkan ayam di atas ulekan lalu geprek kasar. Kemudian siram dengan saus telur asin. Aduk rata lalu berikan potongan daun bawang. Sajikan.

3. Ayam Goreng Geprek Sambal Mercon

tips masak ayam goreng
Kenapa dinamakan sambal mercon? Konon karena rasanya yang pedas bikin mulut ingin ‘meledak’! (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini cocok untuk pecinta rasa pedas! Racikan sambal merconnya dijamin siap membuat lidah menari. Satu tips masak ayam goreng untuk menu ini, adalah penggunaan minyak wijen agar sambal lebih nikmat rasanya. Jika tidak ada, alternatifnya adalah menggunakan minyak sayur.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, tepung terigu, tepung maizena, bawang putih, lada bubuk, cabai rawit, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Bersihkan ayam dan potong sesuai selera.
  2. Siapkan dua mangkuk yang berisi adonan kering dan basah untuk ayam goreng tepung. Adonan kering berisi tepung terigu, tepung maizena, lada bubuk dan Royco Kaldu Ayam. Adonan basah berisi adonan kering yang ditambah air dan bawang putih.
  3. Ketiga, celupkan potongan ayam ke dalam adonan basah dan kemudian adonan kering. Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Buat sambal mercon. Goreng cabai rawit dan bawang putih hingga layu. Haluskan dengan ulekan, lalu siram dengan minyak sisa penggorengan.
  5. Letakkan ayam di atas sambal lalu geprek kasar. Aduk hingga sambal tercampur rata, sajikan.

4. Ayam Goreng Geprek Sambal Petai

tips masak ayam goreng
Untuk menghilangkan bau langu, petai bisa digoreng terlebih dulu. (Foto: Shutterstock)

Petai dikenal dengan baunya yang khas namun kehadirannya sangat menggugah selera makan. Bagi yang berani “mengambil resiko”, Ayam Geprek Sambal Petai ini jelas wajib dicoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, petai, tepung serba guna, bawang putih, kunyit, Royco Kaldu Ayam, cabai hijau, cabai rawit, gula merah, dan minyak sayur.

Cara membuatnya:

  1. Haluskan bawang putih bersama kunyit. Lumuri potongan ayam dengan bumbu bawang hingga rata. Rebus hingga matang, lalu sisihkan.
  2. Baluri ayam dengan tepung serba guna dan goreng hingga matang.
  3. Tumis bawang putih dan cabai hijau hingga layu. Haluskan dengan ulekan dan bumbui dengan gula merah dan Royco Kaldu Ayam.
  4. Geprek ayam di atas sambal dan taburi dengan petai yang sudah digoreng. Aduk hingga sambal tercampur rata. Sajikan.

5. Ayam Goreng Geprek Saus Barbeque

Asin, asam, dan manis dari saus barbeque nikmat disantap dengan berbagai jenis masakan. Ayam goreng yang digeprek kemudian disiram dengan saus barbeque kental ini cocok untuk para ‘pemula’ yang masih ragu dengan yang pedas-pedas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: fillet dada ayam, minyak goreng, bawang putih, bawang bombay, saus sambal, saus tomat, saus tiram, Royco Kaldu Ayam, lada, dan air.

Cara membuatnya:

  1. Bersihkan dan potong-potong ayam sesuai selera. Taburi ayam dengan tepung serba guna, kemudian goreng hingga matang.
  2. Buat saus barbeque. Panaskan wajan bersama sedikit minyak. Masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga wangi. Tambahkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, lada, dan Royco Kaldu Ayam. Aduk hingga rata. Angkat dan sisihkan.
  3. Letakkan ayam di atas ulekan, lalu geprek kasar. Siram saus barbeque di atas ayam. Sajikan.

Dari satu menu yang tampaknya sederhana dan merakyat ini ternyata banyak ragam saus yang bisa kita nikmati. Ayo dicoba beragam tips masak ayam goreng ini di rumah dan ajak keluarga untuk menikmati bersama!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.