4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit

Simpan ke bagian favorit

Wina|Mei 15, 2018

Datangnya bulan Ramadhan berarti waktunya untuk membuka koleksi resep-resep untuk masak saat sahur. Sebelum memasak, pastikan menu sahur kamu punya kalori yang cukup. Ingat, asupan sahur adalah bekal tenaga saat seharian berpuasa. Agar puasa kamu lebih mudah, berikut aku berikan 4 masakan untuk sahur siap saji dalam 20 menit.

Nutty chicken satay strips

Subuh-subuh makan sate? Hmmm.. Kenapa tidak? Jika disantap sebagai lauk, sate adalah pilihan sempurna karena mengandung banyak protein. Tapi sate yang satu ini tidak menggunakan tusuk sate. Untuk memasak nutty chicken satay strips ini kamu membutuhkan: selai kacang, bawang putih, bubuk kari Madras, soy sauce, jeruk nipis, dada ayam tanpa kulit, mentimun dan saus sambal.

Untuk memasak menu ini kamu memerlukan dua langkah:

  • Panaskan oven hingga 200C dan alasi loyang dengan kertas anti-lengket.
  • Campur selai kacang dengan bawang putih, bubuk kari, soy sauce, dan jeruk nipis ke dalam mangkuk. Masukkan potongan ayam, aduk rata, lalu taruh di loyang. Sisakan jarak dan panggang dalam oven selama 8-10 menit sampai matang. Sajikan bersama nasi panas dan lalapan sayur.

Spinach chickpea chicken pita

4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit
Setelah diisi, roti pita ini bisa dipotong agar lebih mudah disantap. (Foto: Shutterstock)

Di luar negeri, sandwich biasa dihidangkan sebagai menu sarapan. Nah, kali ini aku akan berbagi resep sandwich bergaya Yunani – spinach chickpea chicken pita.

Untuk masakan menu sahur ini kamu membutuhkan bawang merah, minyak zaitun, dada ayam tanpa tulang, bawang putih, kacang garbanzo, bayam, roti pita, garam dan lada secukupnya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Campurkan bawang dan minyak zaitun ke dalam mangkuk kecil. Aduk rata lalu sisihkan.
  • Panaskan minyak zaitun ke dalam wajan di atas api sedang. Bumbui ayam dengan 1/4 sdt garam dan merica dan masak hingga berwana cokelat keemasan.
  • Masukkan bawang putih dan aduk hingga cokelat keemasan, Tambahkan buncis, bayam dan 1/4 sendok teh garam dan lada. Masak hingga sayur layu.
  • Isi roti pita dengan campuran ayam dan bayam. Opsional, sajikan dengan yogurt.           

Ikan dori tumis buncis

4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit
Seperti kata Ibu Susi, makan ikan kalau tidak mau ditenggelamkan! (Foto: Shutterstock)

Masakan untuk sahur berikutnya adalah ikan dori. Memang banyak yang terintimidasi saat memasak ikan hanya karena ribet ataupun bau. Padahal kalau tahu cara mengolahnya tentunya tidak demikian. Untuk menu ini kamu membutuhkan: buncis, minyak zaitun, keju parmesan parut, lada hitam, fillet ikan dori, dan saus pesto.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Panaskan oven hingga 220C dan siapkan loyang dengan kertas anti-lengket. Masukkan buncis bersama 1 sendok makan minyak zaitun, keju parmesan, garam dan lada. Panggang selama 10-12 menit.
  • Panaskan minyak zaitun di dalam wajan di atas api sedang. Bumbui ikan dori dengan 1⁄4 sendok teh garam dan lada dan masak hingga berwarna cokelat keemasan setiap sisinya. Pindahkan ke dalam piring saji dan sajikan bersama saus pesto.

Salad soba dengan ayam

4 Masakan untuk Sahur Siap Saji dalam 20 Menit
Soba diolah menjadi salad ternyata enak juga! Foto: Shutterstock

Namanya cewek pasti suka alergi dengan makanan sarat karbohidrat seperti nasi putih atau roti. Alasannya? Takut gemuk! Kamu yang tidak suka nasi bisa mencoba menu sahur ini, salad soba dengan ayam. Untuk menu ini kamu membutuhkan: mie soba, edamame, kubis ungu, daging ayam matang yang sudah disuwir-suwir, daun bawang, wortel, jahe, soy sauce, gula palem, minyak canola dan biji wijen panggang.

Caranya:

  • Masak mie lalu tambahkan edamame di saat terakhir sebelum matang. Tiriskan, bilas dengan air dingin lalu pindahkan ke dalam panci.
  • Campurkan irisan kol ungu, ayam, dan daun bawang.
  • Buat saus. Ambil food processor lalu masukkan wortel, jahe, soy sauce, gula dan haluskan. Sedikit-sedikit tambahkan minyak canola ke dalam food processor.
  • Campur mie soba dengan 1/4 cangkir saus dan campuran ayam. Taburi dengan daun bawang dan biji wijen.

Selamat mencoba beragam masakan untuk sahur dariku ya. Semoga kamu menyukainya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.