4 Cara Mengolah Kerang Praktis Gaya Rumahan

Wina|Juli 19, 2018

Mungkin di antara sekian banyak protein seafood di seluruh dunia, bisa dibilang kerang hijau adalah salah satu yang paling terjangkau harganya. Jangan kuatir sekiranya tengah memiliki stok kerang hijau agak banyak, ternyata ada banyak cara mengolahnya kok. Berikut aku pilihkan 4 cara mengolah kerang yang praktis dan bergaya rumahan.

1. Oseng Tumis Kerang Kecap Asin

cara mengolah kerang
Resep tumisan dengan kecap asin biasanya cocok untuk berbagai jenis protein, tak terkecuali kerang (Foto: Shutterstock)

Beragam resep tumisan ringan biasanya membutuhkan satu rasa penentu antara manis, asam, gurih, ataupun pedas. Kecap asin biasanya jadi favorit semua orang karena ada rasa gurih yang diincarnya. Cara mengolah kerang hijau pada resep satu ini cocok diolah demikian.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: kerang hijau, bawang putih, bawang merah, jahe, daun bawang, cabai merah, lada bubuk, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, kecap asin, dan air.

Cara membuatnya:

  1. Cuci kerang hingga bersih dan rebus hingga semua cangkang terbuka. Tiriskan kerang dan sisihkan.
  2. Kupas jahe, cincang halus bawang putih, iris bawang bombay, potong daun bawang dan cabai merah. Panaskan minyak goreng secukupnya di atas wajan dan tumis semua bahan hingga harum. Kemudian masukan kerang dan tambahkan air, lada bubuk, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk rata dan masak selama 2 menit.
  3. Terakhir, masukkan daun bawang dan cabai merah, Aduk dan bumbui dengan garam. Angkat dan sajikan.

2. Kerang Hijau Masak Bawang Putih

cara mengolah kerang
Bawang putih yang sangat fleksibel untuk diolah dengan sayur ataupun daging, termasuk tentunya adalah kerang. (Foto: Shutterstock)

Bawang putih dan saus tiram adalah sahabat karib sejak masa lampau. Begitu banyak jenis sayuran ataupun protein hewani yang tepat dipadukan dengan keduanya. Tidak terkecuali kerang hijau yang super lezat ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: kerang hijau, mentega, bawang putih, lada hitam, saus tiram, dan Royco Kaldu Ayam.

Cara membuatnya:

  1. Cuci kerang hingga bersih dan rebus hingga semua cangkang terbuka. Tiriskan kerang dan simpan air rebusan di dalam panci.
  2. Lelehkan mentega dalam panci berukuran sedang. Tumis bawang putih dengan lada hitam. Masak hingga bawang putih berwarna keemasan. Tambahkan saus tiram, Royco Kaldu Ayam, dan air rebusan kerang. Masak selama 5 menit dengan api besar, kemudian aduk hingga saus berkurang menjadi sekitar 1 cangkir.
  3. Masukkan kerang ke dalam panci dan aduk rata hingga seluruh kerang terlapisi dengan saus. Masak selama tiga hingga empat menit. Sajikan. 

3. Kerang Hijau Sambal Rica

cara mengolah kerang
Sambal rica khas Manado ini bisa jadi saingan saus Padang untuk beragam jenis protein seafood. (Foto: Shutterstock)

Pedas dan gurih, itulah kelebihan sambal rica yang selalu istimewa dimanapun aku menemukannya. Siapa yang menyangka ternyata sambal rica begitu padu padan dengan protein dari lautan yang satu ini? Untuk menu seafood, sambal satu ini bisa bersaing ketat dengan saus Padang!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: kerang hijau, serai, daun jeruk, Royco Kaldu Ayam, air, bumbu halus (bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai rawit), dan bumbu rebusan (daun salam dan kunyit).

Cara membuatnya:

  1. Cuci kerang hingga bersih dan rebus bersama air, serai, daun salam dan kunyit hingga semua cangkang terbuka. Tiriskan kerang dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan rebusan kerang, sereh, daun jeruk, Royco Kaldu Ayam dan sedikit air. Masak selama beberapa menit lalu sajikan.

4. Kerang Cocol Saus Thai

cara mengolah kerang
Saus Thai yang memiliki beragam spektrum rasa ini tepat dipadukan dengan kerang. (Foto: Shutterstock)

Ah, kerang dengan cocolan saus. Selalu tepat sebagai menu pembuka santap bersama keluarga di restoran seafood. Kini kamu bisa membuatnya di rumah kapanpun dengan resep ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan: kerang hijau, daun salam, kunyit, dan bumbu saus (cabai rawit merah, bawang putih, cuka masak, garam, air, dan tepung jagung).

Cara mengolah kerang sebagai berikut:

  1. Cuci kerang hingga bersih dan rebus bersama air, serai, daun salam, dan kunyit hingga semua cangkang terbuka. Tiriskan kerang dan sisihkan.
  2. Untuk membuat saus, siapkan panci berukuran sedang lalu masukkan semua bahan saus kecuali tepung jagung. Masak hingga mendidih lalu masukkan larutan tepung jagung dan masak hingga mendidih dengan api kecil. Bumbui secukupnya lalu angkat dan sajikan dengan rebusan kerang.
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.