Resep Wedang Angsle Khas Malang, Hangat Segar - MAHI
Semangkuk resep wedang angsle dipersiapkan.

Resep Wedang Angsle Khas Malang, Hangatkan Kumpul Malam Bareng Keluarga

Hangat berempah dan menyegarkan, itulah istimewanya resep wedang angsle khas Malang yang satu ini! Sekarang kamu coba buat sendiri, yuk!
Semangkuk resep wedang angsle dipersiapkan.
Rian Farisa | Mei 28, 2022

Ada kalanya keluarga datang berkunjung untuk menginap ataupun bercengkerama hingga larut malam. Apalagi kalau kamu melihat kebanyakannya adalah penggemar kuliner tradisional, maka suguhan yang tepat akan membahagiakan seisi rumah. Cobain, deh, resep wedang angsle Malang yang satu ini. Lengkap, berisi, sekaligus menghangatkan!

Ya, betul, ada kehadiran beberapa elemen yang bisa disebut tidak tradisional dalam sebuah hidangan wedang angsle. Contohnya adalah potongan roti yang biasa kita temui dalam es doger. Tak mengapa, itu memang dikarenakan resep klasiknya pun memasukkan bahan tersebut. Terlebih lagi, roti sudah dinikmati orang Indonesia selama turun temurun, sehingga kehadirannya tak hanya menambah tekstur namun juga rasa yang nyaman.

Ada beberapa fase yang perlu kamu siapkan untuk membuat resep ini menjadi kenyataan. Membuat aneka wedang sebetulnya mudah, hanya saja ada beberapa bahan dan tahap yang perlu kamu lalui saja. Jadi, pastikan untuk menyiapkan semua ini lebih awal, sehingga proses saat menyajikannya menjadi lebih mudah dan pastinya bikin semua terkejut senang.

Elemen Penting Wedang Angsle

Salah satu bahan ikonik dari wedang angsle adalah kehadiran nasi ketan. Masak dahulu dengan air dan daun pandan dalam rice cooker. Sementara itu, kamu bisa menghemat waktu dengan merebus kacang hijau bersama daun pandan hingga matang. Satu lagi bahan yang perlu direbus adalah sagu mutiara yang jadi favoritnya anak-anak karena warna dan teksturnya. Rebus hingga matang, kemudian sisihkan terlebih dahulu semua bahan yang sudah dipersiapkan ini.

Sentuhan Akhir Air Jahe untuk Wedang Angsle

Inilah bagian paling penting dari semuanya, air jahe! Setelah dibakar dan dimemarkan, didihkan air, jahe, dan daun pandan selama 20 menit. Tambahkan santan, gula pasir, dan garam, masak sambil diaduk hingga meresap. Angkat dan kemudian seduh bersama SariWangi Teh Asli selama 1 menit. Saring dan sisihkan. Ini akan menjadikan air jahe semakin memiliki karakter dan rasa nikmat yang akan menyelimuti pengalaman kamu menikmati wedang angsle.

Sebagai pelengkapnya, tentu ada roti tawar yang telah dipotong kotak-kotak, kue putu mayang (petulo), serta kacang tanah sangrai yang renyah. Jangan lupa padukan juga dengan topping lainnya yang sudah disiapkan sebelumnya seperti nasi ketan, sagu mutiara, serta kacang hijau. Selamat menikmati!

Bahan

4
Porsi
80
g kacang hijau, rendam semalaman
1
lembar daun pandan, ikat simpul
70
g sagu mutiara merah
air, untuk merebus kacang hijau dan sagu mutiara

Nasi ketan

100
g beras ketan putih, cuci bersih
200
ml air
1
lembar daun pandan

Air jahe

1
L air, untuk merebus
150
g jahe, bakar, memarkan
3
lembar daun pandan, ikat simpul
130
ml santan instan
100
g gula pasir
¼
sdt garam

Pelengkap

4
buah kue putu mayang
4
sdm kacang tanah kupas, sangrai hingga matang
2
lembar roti tawar, potong kotak-kotak

Cara membuat

1

Nasi ketan putih: Masak beras ketan putih bersama 200 ml air dan 1 lembar daun pandan dalam rice cooker hingga matang. Sisihkan.

2

Rebus kacang hijau bersama daun pandan hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

3

Rebus sagu mutiara hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

4

Air jahe: Didihkan jahe bersama daun pandan di atas api sedang selama 20-25 menit. Masukkan santan, gula pasir, dan garam, masak sambil diaduk hingga meresap. Angkat.

5

Seduh bersama SariWangi Teh Asli selama 1 menit. Saring. Sisihkan.

6

Siapkan mangkuk saji. Masukkan putu mayang, kacang hijau, kacang tanah, sagu mutiara, nasi ketan putih, dan roti tawar. Tuang air jahe. Sajikan.

Bahan-bahan

SariWangi Teh Asli 
SariWangi Teh Asli