Resep Udang Tabur Sereal yang Gurih Menggiurkan

Sedang mencari resep buka puasa yang dijamin cocok dengan selera seluruh keluarga? Resep udang tabur sereal yang unik ini bisa jadi jawabannya! Ayo simak videonya untuk dicoba di rumah.

45mnt
3 Porsi
Mudah
Wina|Mei 15, 2018

Resep udang tabur sereal yang satu ini tidak hanya lezat, namun juga praktis dan mudah memasaknya. Selain itu udang adalah protein yang relatif cepat proses masaknya sehingga resep ini cocok untuk sahur maupun untuk berbuka puasa!

Masakan khas Peranakan dari Asia Tenggara ini memadukan rasa alami udang segar yang manis serta kerenyahan dari sereal yang notabene lebih lazim digunakan di menu makan pagi khas Barat modern. Perpaduannya yang tidak disangka-sangka ini ternyata cocok di lidah para penggemar kuliner modern. Kekayaan teksturnya menjadikan setiap gigitannya tidak membosankan dan rasa gurih yang datang dari menteganya menggoda lidah untuk terus mengunyah.

Bagaimana kalau kamu coba memasaknya di bulan Ramadhan kali ini? Memang proses awalnya cukup merepotkan kalau kita belum terbiasa. Tapi, begitulah kalau berurusan dengan udang — ada tahap membersihkan serta mengupasnya. Jangan kuatir, proses berikutnya tidak lama kok. Untuk kuliner Peranakan modern, resep udang tabur sereal ini mirip prinsipnya dengan ayam atau ikan yang dimasak dengan telur asin.

Resep udang tabur sereal ini sebetulnya cukup mudah dibuat, asalkan kita terus menjaga udang tetap kering saat dilumuri tepung. Aku sekarang tahu bahwa ketika protein yang akan digoreng masih dalam kondisi agak basah dan lembab, proses penggorengannya tidak akan sempurna. Alih-alih, protein bisa jadi menjadi lembek atau rusak rasanya. Tip selanjutnya, pastikan wajan juga dalam keadaan sudah cukup panas saat menggoreng. Terkadang kita memang tidak sabar saat sudah merasa terlalu lapar tapi tetap harus memasak. Sabar sedikit, biarkan wajan panas dan mentega menjadi lumer, baru deh kita bisa memasak dengan maksimal!

Wah, rasanya sudah tidak sabar untuk menikmati harmoni rasa manis, gurih, dan kerenyahan yang memenuhi setiap gigitan udang tabur sereal. Momen berbuka puasa bersama keluargamu pun pasti akan terasa istimewa.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk

Bahan utama

  • 500 g Udang ukuran besar
  • 45 g Oatmeal
  • 1 sdt Air Perasan Lemon
  • 2 sdm Mentega
  • Tepung Tapioka secukupnya

Bahan bumbu

  • ¼ sdt Garam
  • 3 siung Bawang Putih, cincang
  • 1 cm Jahe, iris
  • 1 batang Serai, iris tipis
  • 6 buah Cabai Merah, potong
  • 6 buah Cabai Hijau, potong

Cara membuat

Resep Udang Tabur Sereal - Langkah 1
1

Belah punggung udang dan bersihkan kotorannya. Lumuri dengan garam, lada hitam, dan air perasan lemon. Diamkan selama 15 menit.

Resep Udang Tabur Sereal - Langkah 2
2

Keringkan udang dan lumuri dengan tepung tapioka hingga rata. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan, dan sisakan minyak di wajan kira-kira sebanyak 1 sdm.

Resep Udang Tabur Sereal - Langkah 3
3

Tambahkan mentega di wajan, aduk hingga meleleh. Masukkan bawang putih, jahe, serai, dan masak hingga kecokelatan. Tambahkan cabai merah, cabai hijau, serta oatmeal, lalu aduk rata. Masukkan udang, bumbui dengan garam, lada hitam, dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga oatmeal berwarna kecokelatan.

Resep Udang Tabur Sereal - Tampilan akhir
4

Setelah matang, angkat, dan udang tabur sereal siap disajikan.

Bagaimana pengalaman pertamamu dalam memasak Udang Tabur Sereal tadi? Kalau kamu suka resep ini, coba pilih-pilih beragam resep dari MAHI lainnya untuk membuat waktu makanmu semakin fun.

Jangan lupa juga share resepnya dengan teman-temanmu lewat media sosial. Siapa tahu mereka juga akan terinspirasi untuk memasak. Saatnya berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.