Resep Terong Balado Spesial dengan Teri dan Ebi

Simpan ke bagian favorit

Sebagai hidangan pendamping, terong balado adalah pilihan yang apik. Bagaimana kalau kali ini kita berkreasi agar lebih unik lagi? Berikut adalah resep terong balado spesial dengan teri dan ebi.

25mnt
3 Porsi
Cukup rumit
Wina|Mei 16, 2018

Memasak makanan pendamping dari sebuah jamuan itu wajib hukumnya. Apalah jadinya makanan utama tanpa satu atau dua menu tambahan yang cocok untuk melengkapi pengalaman makan para hadirin. Salah satu yang legendaris adalah terong balado dan mudah ditemukan dimana-mana. Kali ini aku ingin mencoba satu twist berbeda yang akan menjadi resep terong balado biasanya menjadi lebih spesial.

Mungkin sudah kebiasaan aku belakangan ini untuk sedikit-sedikit menambahkan sambal balado ke setiap masakan yang kumasak. Bahkan salah satunya bergaya crossover seperti resep chicken katsu dengan bubuhan sambal khas negeri Minang ini. Unik sih rasanya dan chicken katsu tidak begitu-begitu saja jadinya. Tapi resep terong balado Padang sudah begitulah adanya – satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Agar kreatif ada beberapa ide yang kujamin justru akan menambah rasa nikmat dari menu klasik ini.

Zaman now banyak restoran-restoran kekinian hingga para chef yang selalu mencari cara agar masakannya tidak hanya menggunakan bahan-bahan terbaik namun juga memiliki beberapa dimensi rasa dan juga tekstur. Yang terakhir ini belakangan karena aku banyak menonton acara kuliner justru menjadi sangat penting. Tekstur rupanya sangat memengaruhi pengalaman bersantap seseorang. Misalnya pada makanan yang biasanya terasa empuk saja kini dibubuhkan satu dua hal yang memberikan karakter renyah. Akibatnya pengalaman makan menjadi tidak membosankan – terlepas dari rasanya sendiri yang sudah enak.

Terong balado yang biasanya menjadi menu pendamping memang hanya memiliki tekstur lembut dari terong yang sudah dimasak dan begitupun sambalnya. Sehingga aku pikir kalau ada imbuhan tekstur renyah, maka terong balado klasik akan menjadi lebih berwarna. Maka aku putuskan untuk menambahkan teri yang renyah dan adanya tekstur menarik lainnya yaitu petai!

Nah bagaimana menurut teman-teman dari inovasiku kali ini? Bintang utamanya tetaplah terong dan sambal baladonya bukan? Tapi dengan kehadiran beberapa bahan tambahan ini justru ada tambahan rasa menarik dan begitupun secara tekstur. Selain itu, resep terong balado spesial ini juga tetap mudah untuk dimasak dan tidak akan memakan waktu lama. Nah, sekarang giliran kamu yang mencobanya ya untuk makan hari ini!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 5 terong, potong dua dan panggang oven setengah matang.
  • 75 gram teri medan tawar, cuci dan goreng
  • ½ sdt ebi, rendam hangat dan tiriskan
  • 5 butir bawang merah
  • 100 gram cabai keriting
  • 1 butir kemiri
  • 1 buah tomat, buang biji
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • ¼ sdt terasi
  • 1 cm kunyit
  • ½ sdt gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 1 papan petai digoreng setengah matang

Cara membuat

1

Campurkan bawang merah, cabai keriting, kemiri, tomat, dan gula pasir. Tumbuk kasar.

2

Panaskan 3 sendok makan minyak untuk menumis lengkuas bersama bumbu yang telah ditumbuk tadi. Masak hingga matang dan wangi.

3

Setelah bumbu telah matang; masak bersama terong, teri goreng, petai, dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk hingga tercampur sempurna dan tambahkan garam bila perlu.

4

Setelah matang, angkat dan kemudian sajikan bersama bubuhan petai dan ebi.

Wangi terong dan sambal balado yang dimasak kini sudah tersebar ke seluruh rumah. Bayangkan terkejutnya keluarga ketika menyaksikan adanya kehadiran dari teri dan petai juga di sana. Wah, makan malam hari ini pasti menyenangkan!


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/balado-terong-ebi.html

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.