Resep Telur Puyuh Bumbu Santan, Hidangan Pelengkap yang Selalu Dicari

Selalu menarik menemukan menu olahan telur puyuh yang baru dari waktu ke waktu bukan? Kali ini resep telur puyuh bumbu santan bisa kamu simak video cara membuatnya dan wajib dicoba resepnya di rumah.

30mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Mei 20, 2018

Popularitas telur puyuh memang tidak setenar telur ayam. Maka munculnya resep-resep baru telur puyuh pasti akan menggugah mereka yang hobinya memasak. Salah satu yang pastinya seru untuk dicoba adalah resep telur puyuh bumbu santan berikut ini.

Mulai dari chef ternama hingga anak kost yang jarang masak, telur adalah pilihan yang selalu menarik untuk diolah. Aku sendiri menyukai telur karena sisi praktisnya. Hanya semudah menggorengnya saja, rasa lapar dapat langsung terobati. Agar kemampuan memasak kamu semakin beragam, resep mudah yang satu ini cocok untuk dicoba di bulan Ramadhan tahun ini.

Di Indonesia, telur ayam sangat populer dijadikan lauk. Coba deh kamu intip ke warteg, lapau Minang, hingga restoran khas Barat — ketiganya pasti punya masakan olahan telur versi masing-masing. Meski kaya akan protein, telur sendiri mempunyai rasa yang hambar jika disajikan tanpa bumbu. Telur ibarat ‘kanvas’ kosong yang sangat fleksibel untuk dimasak dengan cara apapun. Bosan dengan telur ayam? Inilah waktunya bereksperimen dengan jenis telur yang lain seperti telur puyuh pada resep ini atau bahkan telur bebek.

Karena ukurannya yang mungil, telur puyuh mampu menyerap bumbu lebih baik dibandingkan telur ayam dan bisa tampil cantik saat dipresentasikan. Kunci dari kesuksesan masakan terletak dari racikan bumbu yang pas. Pada resep ini aku sudah menyiapkan takaran yang cocok agar kamu tidak bingung.

Hal lain yang kamu harus perhatikan saat memasak resep telur puyuh bumbu santan ini adalah jangan menggunakan api besar — khususnya setelah santan telah dicampurkan. Api yang terlalu besar akan membuat santan mudah pecah. Masak santan secara perlahan sambil terus diaduk-aduk hingga matang. Meski perlu sedikit kerja keras, kesabaran kamu akan membuahkan hasil!

Bahan-bahan

Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk

Bahan telur

  • 500 g telur puyuh, rebus dan kupas
  • 1 L santan cair
  • 2 buah asam kandis
  • 5 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1 lembar daun kunyit, iris halus
  • 2 sdt garam

Bahan bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 15 buah cabai merah keriting
  • 2 batang serai, ambil putihnya
  • 1 cm jahe
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm kunyit

Cara membuat

Resep Telur Puyuh Bumbu Santan
1

Di atas api sedang, tumis bumbu halus hingga mulai mengering lalu tambahkan santan. Aduk rata.

Resep Telur Puyuh Bumbu Santan
2

Masukkan asam kandis, daun jeruk dan daun kunyit. Kecilkan api lalu masak hingga mengental.

Resep Telur Puyuh Bumbu Santan
3

Tambahkan telur puyuh, garam, dan kecap manis. Masak hingga warna telur agak kecoklatan dan bumbu meresap. Sajikan.

Tidak sulit bukan membuatnya? Dengan resep ini pasti kamu akan lebih giat lagi mencoba beragam kombinasi memasak telur lainnya. Jadi telur bukan sekadar digoreng atau direbus saja kan teman-teman?

Terlebih lagi dengan telur puyuh, satu protein yang tidak kalah fleksibelnya dibandingkan telur ayam. Selain bisa dimasak bersama sup ayam ataupun hidangan lainnya, tidak menyangka kan kalau telur puyuh juga cocok dengan bumbu santan yang gurih?

Selamat menikmati buka puasa kamu!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.