Resep Telur Pindang Retak Seribu Super Gampang - MAHI

Resep Telur Pindang Retak Seribu Super Gampang

Simpan ke bagian favorit

Coba sendiri resep telur pindang retak seribu ini di rumah, yuk! Kamu jadi tahu kalau membuat motif retak ini ternyata sangat mudah.

2jam
8 Porsi
Mudah
Valentina|Agustus 26, 2022

Ingin tahu resep telur pindang yang super mudah dan antigagal? Coba resep telur pindang ini, yuk! Buat kamu yang belum tahu, telur pindang merupakan masakan yang diadaptasi dari dapur peranakan Cina di Indonesia. Telur rebus overcooked ini juga dikenal dengan nama Chinese tea leaf egg atau marble egg karena telur ini dimasak dalam air daun teh yang pekat. Itulah sebabnya telur pindang juga dapat ditemukan pada masakan peranakan keturunan Tionghoa seperti nasi campur, nasi bakmoy, nasi tim, nasi kari khas Bagansiapiapi, dan beberapa masakan khas dapur Cina lainnya.

Sebagai salah satu lauk wajib yang hadir pada beberapa masakan populer seperti nasi gudeg, nasi liwet, lontong sayur, dan nasi berkat, tak ada salahnya kamu mencoba resep telur pindang yang sangat mudah dipraktikkan ini. Tak perlu berlama-lama di dapur, cara membuat telur yang dimasak overcooked ini tak melewati proses menumis apalagi menghaluskan bumbu. Bebas ribet, kan?

Tips Membuat Resep Telur Pindang Anti Gagal

Kali ini Masak Apa Hari Ini ingin mengajak kamu untuk membuat telur pindang dengan motif retak seribu atau juga kadang disebut telur pindang marmer yang bikin penampilannya jadi lebih menarik. Agar telur pindang tidak terlalu keras dan motifnya juga terlihat cantik, ikuti beberapa langkah membuat telur pindang retak seribu berikut agar kamu bisa sukses membuat lauk pendamping nasi gudeg ini.

  1. Rebus telur utuh hingga matangnya pas atau bagian kuningnya masih lembut. Bila kuning telurnya sudah terlalu kematangan, hasil telur pindang cenderung lebih keras hingga ke bagian dalamnya.
  2. Sesudah matang, hentikan proses pematangan dengan merendam telur rebus dalam air dingin.
  3. Untuk membuat motif retak seribu, gunakan punggung sendok makan untuk mengetuk cangkang telur. Hindari mengetuk atau menekannya terlalu keras agar cangkang telur tidak hancur atau terlepas. Ketuk hanya hingga membuat cangkang telur retak. Buat motif retak di sekeliling permukaan cangkang telur agar hasil akhir motif retak seribu merata.
  4. Pastikan kuah bumbu pindang merendam telur agar warna gelap telur lebih merata. Pilih sauce pan atau panci untuk memasak sup yang diameternya tidak terlalu besar. Balikkan telur setelah setengah durasi memasak apabila kuah pindang tidak menutup telur sempurna.
  5. Untuk mendapatkan bumbu telur pindang yang manis dan gurihnya pas, jangan lupa gunakan Bango Kecap Manis, ya! Gunakan juga SariWangi Teh Asli untuk membuat warna kuah bumbu pindang jadi pekat.
  6. Gunakan api kecil untuk memasak telur pindang beserta bumbunya dengan panci tertutup. Bila menggunakan slow cooker, set di suhu maksimal dan dimasak selama 3-4 jam.

Dengan bahan resep telur pindang yang sederhana dan cara membuatnya yang mudah, kini kamu jadi tak ragu lagi untuk membuat telur pindang cantik ini di rumah, kan? Yuk, praktikkan untuk lauk nasi liwet atau lontong sayur weekend ini!

Bahan-bahan

  • 8 butir telur ayam
  • 1 L air, untuk merebus telur pindang
  • 5 lembar daun salam
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • 4 sdm kulit bawang merah
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm minyak
  • 1 sdm garam

Cara membuat

1

Masukkan telur ke dalam panci, tuang air hingga telur terendam. Rebus selama 10 menit. Angkat dan tiriskan. Bilas telur dengan air dingin. Ambil sendok makan, pukul permukaan telur menggunakan punggung sendok hingga sekeliling permukaan telur retak.

2

Didihkan air untuk merebus telur pindang, matikan api. Masukkan SariWangi Teh Asli, biarkan hingga meresap selama 3 menit. Buang kantung teh.

3

Masukkan daun salam, lengkuas, Bango Kecap Manis, garam, gula, dan minyak. Tutup panci. Masak di atas api kecil hingga airnya menyusut (1 jam). Bolak balikkan telur secara berkala agar warna motif retaknya merata. Bila menggunakan slow cooker, bisa menggunakan suhu maksimal dengan waktu 3 jam.

4

Kupas telur dan sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.