Resep Teh Susu Jahe Merah untuk Malam yang Dingin - MAHI

Resep Teh Susu Jahe Merah, Hangatkan Malam yang Dingin

Simpan ke bagian favorit

Malam yang dingin enaknya minum apa, ya? Bagaimana kalau mencoba resep teh susu jahe merah yang satu ini? Dijamin bikin hangat!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|September 26, 2022

Kerap ditemukan pada banyak gerobak yang berjualan mulai sore hari, susu jahe merah menjadi minuman yang banyak dicari untuk menemani malam yang dingin. Agar berbeda dari biasanya namun tak kalah enaknya, Masak Apa Hari Ini punya formula seru yang bisa dipadukan dengan teh hitam. Bayangkan teh susu dengan jahe merah yang kaya manfaat. Terdengar nikmat, bukan?

Kelebihan dari Jahe Merah

Coba kita amati kembali namanya, teh susu jahe merah. Nah, mungkin ada sebagian yang bertanya, mengapa menggunakan jahe merah? Apakah kelebihannya dibandingkan jenis jahe lainnya? Pertama, pada dasarnya semua jenis jahe punya manfaat baik untuk kesehatan, hanya saja memang jahe merah memiliki beberapa keistimewaan tersendiri. Misalnya saja, jahe merah aromanya lebih tajam dan rasanya lebih pedas, sehingga lebih terasa kehadirannya saat diracik menjadi minuman ataupun obat. Baik dalam makanan atau minuman, kehadiran rasa jahe tentunya memberikan nilai tambah tersendiri, bukan?

Kemudian hebatnya, jahe merah khusus memiliki properti antiradang dan antioksidan yang lebih kaya. Ditambah lagi ada properti antimuntah sehingga cocok dikonsumsi di saat kita sedang tidak enak badan atau mual-mual. Sifat antiradang ini adalah bonus terbesar dari jahe merah karena dapat membantu meredakan inflamasi, khususnya yang berjangka waktu panjang (chronic inflammation). Maka, mengonsumsi minuman herbal menyehatkan seperti teh susu jahe merah bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan.

Ide Racikan Lainnya Selain Teh Susu Jahe Merah

Setelah melewati masa pandemi, banyak dari kita yang tentunya sudah mengantongi berbagai pengetahuan soal herbal. Tanpa harus berepot-repot mencari resep racikannya, Masak Apa Hari Ini punya banyak yang bisa dicoba selain teh susu jahe merah ini di lain kesempatan.

Populer dicari saat COVID-19 tengah melanda beberapa waktu lalu adalah resep empon-empon. Sementara untuk minuman wedang khas Jawa dan beberapa variasinya, coba saja resep wedang jahe merah serai dan juga wedang secang jahe merah. Perhatikan bahwa semuanya menggunakan jahe merah, berbeda dengan jahe gajah yang biasa dipakai untuk masak. Lain waktu, kita coba bahas juga bedanya secara khusus dengan jahe putih dan jahe emprit, ya! Untuk sekarang, selamat mencoba resep teh sujamer ini!

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 100 g jahe merah
  • 700 ml air, untuk merebus
  • 2 lembar daun pandan
  • 500 ml susu cair rendah lemak
  • 4 sdm madu

Cara membuat

1

Bakar jahe merah hingga aromanya keluar. Memarkan.

2

Rebus jahe bersama daun pandan hingga mendidih. Kecilkan api. Masak selama 20-25 menit di atas api kecil. Angkat.

3

Masukkan SariWangi Teh Asli, seduh selama 3 menit. Sisihkan.

4

Hangatkan susu rendah lemak di atas api kecil. Angkat.

5

Saring campuran jahe dan teh. Aduk rata bersama susu hangat.

6

Siapkan gelas saji yang sudah diisi dengan madu. Tuang teh susu jahe merah, aduk. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.