Resep Teh Hitam Serai Daun Mint untuk Keluarga - MAHI

Resep Teh Hitam Serai Daun Mint, Hangatkan Suasana Pertemanan

Simpan ke bagian favorit

Kumpul bareng teman-teman jadi lebih seru dengan kehadiran teh hitam serai dengan daun mint yang menyegarkan ini. Mari kita coba buat, yuk!

15mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 17, 2022

Begitu banyak yang bisa dikreasikan dari hanya secangkir teh hitam. Ada paduan rempah ataupun herba yang bisa menjadikan minuman teh semakin berwarna saat dinikmati. Salah satunya yang populer adalah dipadukan dengan serai dan daun mint. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut!

Mengenal Teh Hitam

Dari hanya selembar daun teh, bisa begitu banyak cerita yang bisa kamu ikuti. Jenisnya begitu banyak, seperti teh hitam, teh hijau, hingga teh putih, teh oolong, teh pu-erh, dan banyak lainnya. Khusus jenis yang paling dikenal di Indonesia adalah teh hitam dan teh hijau. Teh hitam bahkan sudah sejak lama hadir di Indonesia, bahkan sejauh abad ke-17 dan menjadi komoditas perdagangan penting dari Nusantara. Tak heran bila sekarang Indonesia masih menjadi salah satu penghasil teh terbesar di dunia.

Maka apa perbedaannya dengan jenis teh lainnya? Semuanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, itu sudah jelas. Selain cita rasanya, rupanya yang membedakan semuanya secara mendasar adalah metode pengolahannya. Sama halnya dengan kopi ataupun cokelat, yang membedakan berbagai jenisnya bukan sekadar biji kopi atau cokelatnya, namun proses pasca produksi. Kapan-kapan Masak Apa Hari Ini akan bahas khusus untuk kamu, ya!

Tips Membuat Teh Hitam Daun Mint

Tidak perlu khawatir soal cara membuatnya karena prosesnya sangat praktis, cepat, dan bahan-bahannya mudah untuk kamu dapatkan. Daun mint sekarang tersedia di banyak toko ataupun supermarket. Karena dijual segar, sebaiknya kamu hanya stok secukupnya saja di rumah karena akan cukup cepat layu. Tapi bisa saja kamu bakal menyukai resep ini dan stok lebih banyak menjadi sangat perlu. Anyway, kita cek dulu cara membuatnya, ya!

Pertama, rebus dahulu bagian putih serai yang sudah dimemarkan. Setelah air menggelegak, kecilkan api dan biarkan selama 15 menit agar rasa serai meresap ke dalam air rebusan. Lanjutkan dengan menyeduh SariWangi Teh Asli selama 3 menit dan saring airnya. Untuk menggunakan daun mint, sebaiknya kamu tidak langsung menceburkannya ke dalam air teh. Tepuk terlebih dahulu dengan kedua telapak kanan agar aromanya keluar. Beberapa jenis herba atau rempah memang perlu diolah dahulu agar aromanya lebih keluar. Terakhir, sajikan teh dengan daun mint dan madu selagi hangat. Seru membayangkannya, bukan?

Yuk, terakhir, jangan lupa untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak.

Bahan-bahan

sari wangi
Yang diperlukan:
SariWangi Teh Asli 
Beli online
  • 1200 ml air
  • 4 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 12 lembar daun mint
  • 6 sdm madu

Cara membuat

1

Rebus serai hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga serai meresap selama 15-20 menit. Angkat.

2

Seduh bersama SariWangi Teh Asli selama 3 menit. Saring airnya.

3

Tepuk daun mint menggunakan kedua telapak tangan agar aromanya keluar. Masukkan ke dalam gelas saji.

4

Masukkan ke dalam gelas saji yang sudah diisi dengan daun mint dan madu, aduk. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.