Tahu saus tiram jamur shimeji disajikan di atas piring panjang

Resep Tahu Saus Tiram Jamur Shimeji a la Restoran

Tahu saus tiram jamur shimeji a la restoran Chinese kini bisa kita sajikan di rumah. Yuk, coba buat sendiri dengan resep praktis ini!
Tahu saus tiram jamur shimeji disajikan di atas piring panjang
Wina | Jan 04, 2023

Saat menikmati acara santap bareng keluarga, biasanya Ibu akan memasak beragam jenis lauk. Nah, tahu saus tiram adalah salah satu jenis hidangan untuk melengkapi berbagai macam lauk yang hadir di atas meja makan. Mudah, ringkas, dan lezat, cita rasanya akan menggenapkan paduan hidangan daging, seafood, ataupun sayuran khas rumahan. Intip info singkat untuk mempersiapkan masakan ini, yuk!

Menyiapkan Hidangan Tahu Saus Tiram

Tahu saus tiram jamur shimeji biasanya menjadi menu favorit ketika mengunjungi restoran yang menyajikan kuliner khas CinaTahunya bertekstur lembut, sedikit renyah dan gurih karena digoreng bersama rumput laut lembaran. Kemudian padukan bersama saus tiram, jamur, dan bayam. Pilihan yang pas banget sebagai lauk pendamping nasi hangat yang jadi kesukaan tua maupun muda.

Sajian ini termasuk menu tumis praktis dari bahan-bahan yang mudah diperoleh. Rumput laut nori kini terjangkau harganya dan bisa diolah jadi beragam jenis masakan. Gunakan yang berbentuk lembaran besar dan tidak dibumbui secara khusus. Potong-potong sesuai dengan ukuran tahu yang akan jadi pendampingnya.

Begitupun juga dengan jamur shimeji yang populer hadir dalam menu rebus-rebusan a la Jepang maupun Korea. Bentuk jamur ini seperti korek api tebal dan berkumpul bersama. Warna tangkainya putih dan kuncupnya cokelat. Kamu hanya cukup memotong akarnya saja dan jamur sudah siap untuk kamu pakai.

Bahan ketiga yang khas adalah bayam horenso khas Jepang. Berbeda dengan bayam lokal, horenso punya rasa khas dan daunnya terasa tebal sekaligus empuk. Untuk mengolahnya, cukup cuci dengan air mengalir hingga bersih, blansir selama 1-2 menit, dan potong-potong serta buang akarnya. Selebihnya soal cara mengolah resep ini, langsung saja cek videonya di atas, ya!

Ngomong-ngomong soal jamur shimeji, mungkin saja kamu tertarik mengolahnya lewat resep-resep lain. Selain tahu saus tiram ini, kamu juga bisa mengolahnya menjadi capcay ataupun sup jamur brokoli. Semua bahan-bahannya tersedia luas, terjangkau harganya, dan yang jelas, sangat bernutrisi. Cocok untuk menjaga daya tahan tubuh kamu saat musim hujan!

Terakhir, sempatkan mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like sekalian, ya!

Bahan

4
Porsi

2
x 300 g tahu sutra, potong @6 bagian
3
lembar nori untuk sushi, potong seukuran tahu
2
putih telur
150
g jamur shimeji
100
g bayam horenso, blansir
4
siung bawang putih, memarkan
1
sdm minyak wijen
150
ml air
1
sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
Minyak, untuk menggoreng dan menumis

Cara membuat

menempelkan nori pada tahu untuk resep tahu saus tiram
1

Ambil 1 potong tahu, tempelkan nori ke salah satu sisi tahu, olesi putih telur hingga sempurna. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

 

mengukus tahu untuk resep tahu saus tiram
2

Siapkan dandang panas, kukus tahu hingga nori melekat selama 5 menit. Angkat.

menggoreng tahu untuk resep tahu saus tiram
3

Panaskan minyak, goreng tahu sebentar hingga garing. Angkat. Sisihkan.

menumis jamur untuk resep tahu saus tiram
4

Panaskan 1 sdm minyak bersama minyak wijen. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan jamur shimeji. Tumis hingga layu.

menambahkan air pada tumisan untuk resep tahu saus tiram
5

Tambahkan Royco Saus Tiram dan Royco Kaldu Jamur, aduk. Tuang air, masak hingga mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental.

resep tahu saus tiram disajikan bersama saus tiram
6

Tambahkan tahu dan bayam, aduk perlahan. Angkat. Sajikan.

Produk

Kemasan 135 ml
Kemasan 135 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 275 ml
Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur