Tahu bakso khas Jawa Tengah

Resep Tahu Bakso Ungaran Sederhana Untuk Ide Jualan

Resep tahu bakso kukus yang bisa dijadikan ide snack di rumah atau bahkan ide jualan. Simak juga cara bikin tahu bakso kenyal, gurih, serta tahan lama.
Tahu bakso khas Jawa Tengah
Wina | Apr 21, 2019

Bagi yang pernah mengunjungi kota Semarang, kamu pasti sering direkomendasikan tahu bakso sebagai jajanan wajib maupun buah tangan. Tahu bakso adalah camilan yang dibuat dari tahu yang diisi dengan adonan daging. Oleh-oleh khas Semarang ini biasa dijajakan dengan cara digoreng atau disajikan dengan hanya dikukus.

Rahasia Sukses Bikin Bakso Tahu Kenyal, Gurih, dan Tahan Lama Untuk Jualan

Sebelum beranjak ke cara membuat tahu bakso sederhana ini, kamu wajib menyimak beberapa hal di bawah ini, ya! Supaya hasil akhir oleh-oleh khas Jawa Tengah ini gurih, kenyal, dan tahan lama sehingga cocok untuk ide menu jualan.

  1. Sesuaikan perbandingan antara daging dan tepung tapioka sesuai agar adonan bakso menjadi kenyal. Bila terlalu banyak tepung tapioka, adonan bakso cenderung keras.
  2. Pilih tahu kulit yang padat agar tahu goreng tak mudah pecah atau robek saat proses pengisian adonan bakso. Gunakan tahu pong goreng atau tahu goreng kering yang bikin tekstur ‘dinding’ bakso keras agar tidak mudah sobek.
  3. Sebelum membuatnya, Pastikan adonan daging untuk bakso tercampur secara merata agar teksturnya sempurna dan tentu cita rasanya lebih pas.
  4. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Sapi ke dalam adonan bakso agar hasilnya akhirnya jadi gurih dan sedap.
  5. Pastikan adonan bakso daging tidak terlalu basah supaya bisa menempel pada tahu.
  6. Supaya tahan lama, kemas tahu bakso kukus dalam vacuum bag atau kantung plastik khusus vacuum. Kunci atau rekatkan plastik dengan mesin penghisap udara tersebut. Lalu bekukan dalam freezer, dan tahu bakso jadi tahan lama dan bisa disusun rapi dalam freezer.

Selain untuk camilan di rumah, hidangan tahu bakso juga pas banget dijadikan ide jualan. Untuk inspirasi masakan yang bisa jadi ide jualan lainnya, coba juga resep citul isi ayam pedas, odeng, bakso ayam, dan pentol mercon bakar.

 

 

Bahan

6
Porsi

Bahan

10
buah tahu kulit kotak, potong 2 bagian

Adonan bakso

200
g daging cincang
2
siung bawang putih, haluskan
1
sdt garam
¼
sdt merica putih bubuk
1
sdt gula pasir
1
butir telur
100
g air es
1
batang daun bawang, iris halus
50
g tepung sagu
minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Isi: aduk rata daging giling, bawang putih, garam, merica bubuk, gula, telur, air es, dan daun bawang. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata.

2

Ambil tahu. Lubangi salah satu sisi tahu. Sendokkan isi ke dalam tahu.

3

Kukus di atas api sedang 30 menit sampai matang.

4

Goreng tahu di dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan hingga kecokelatan. Sajikan bersama Bango Kecap Manis Pedas.

Resep ini pernah dimuat di: https://www.bango.co.id/resep/detail/1748/tahu–i-bakso-ungaran—i-

Produk

Kemasan Isi Ulang 220ml
Kemasan Isi Ulang 220ml