Jenis Masakan


Resep Sup Oyong Bakso Ikan, Makan di Rumah Jadi Lebih Menyenangkan

Simpan ke bagian favorit

Sup oyong bakso ikan, menu makan di rumah yang sehat, lezat, dan mudah. Yuk, coba praktikkan di rumah sebagai menu baru dengan resep ini!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|Agustus 6, 2019

Ingin menyajikan menu sehat dan lezat untuk keluarga? Sup oyong bakso ikan bisa menjadi pilihanmu. Sayur oyong alias gambas rupanya punya banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi meskipun kamu belum familiar, inilah waktunya untuk mencoba!

Keutamaan sup oyong bakso ikan

Memang, mengolah oyong membutuhkan sedikit trik khusus. Cuci oyong hingga bersih, gosok perlahan dengan sikat secara perlahan. Kupas kulit di bagian yang menonjol, kemudian potong oyong jadi 3-4 bagian. Cara ini bisa mempertahankan getah oyong yang punya manfaat untuk kesehatan.

Nah, kamu sudah punya oyong yang siap diolah. Siapkan kuah kaldu dan masukkan tumisan bawang putih serta jahe untuk menciptakan aroma yang otentik. Selanjutnya masukkan bakso ikan dan tahu. Satu trik lagi yang harus diingat adalah tekstur oyong yang cepat empuk, maka sebaiknya oyong dimasukkan di akhir untuk mendapat tekstur yang tepat.

Makan di rumah saja dengan resep-resep lainnya

Sudah terbayang bukan kehangatan dan kelezatan dari semangkuk sup oyong bakso ikan ini? Kalau kamu masih mau mencari resep lainnya untuk makan di rumah bersama keluarga, boleh dicoba dong resep-resep berikut ini. Yuk, simak ada apa saja yang kamu bisa buat di lain kesempatan!

1. Sup ayam sosis

Banyak menu sup yang lezat, tapi mungkin resep ini adalah yang termudah dan juga punya nutrisi. Didihkan air dan masukkan bahan-bahan yang sudah diolah. Untuk ini ada sosis sapi, daging ayam, kentang, buncis, dan wortel. Tambahkan sayuran aromatik seperti seledri dan juga bawang bombay serta bawang putih. Masukkan juga sedikit tepung sagu dan masak hingga matang. Sup ayam sosis siap disajikan!

Inilah resep lengkap sup ayam sosis.

2. Sup bakso ayam

Siapkan bahan-bahan untuk membuat bakso ayam dan aduk secara merata. Setelahnya, bulatkan menjadi bentuk bakso dan kukus dalam pinggan tahan panas. Sebelumnya oleskan dengan margarin agar bakso tidak menempel. Siapkan kuahnya berupa rebusan air dan masukkan tumisan margarin serta bawang putih. Bumbui dengan Royco untuk rasa ekstra yang gurih. Terakhir, masukkan bakso ayam yang telah kamu buat tadi dan sayuran. Sajikan dengan irisan seledri, daun bawang, bawang goreng, dan tambahan mie ataupun suun.

Simak resep sup bakso ayam.

3. Sup beligo

Sayur beligo atau baligo perlu kamu ketahui manfaat baiknya bagi tubuh. Di dapur Indonesia, anggota keluarga labu-labuan ini sepertinya belum banyak dikenal ataupun diolah secara luas. Lain halnya dengan dapur negeri Tiongkok yang sudah mengenal baik sayuran yang juga dinamakan kundur ataupun wintermelon ini.

Begitu banyaknya khasiat dari labu berbentuk bulat lonjong ini, sehingga banyak variasi olahan yang sebetulnya bisa dibuat. Dari sayuran, hidangan manis, minuman, hingga selai. Beligo juga populer dijadikan isian untuk wife cake atau pia yang sangat populer dalam kuliner Kanton.

Resep lengkap sup beligo.

Selamat memasak!

Bahan-bahan

Bahan

  • 3 buah oyong, kupas, potong serong
  • 15 butir bakso ikan
  • 1 buah tahu air, potong dadu 2 cm
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 batang ketumbar, petiki daunnya
  • 1000 ml kaldu ayam
  • 3 siung bawang putih, memarkan
  • 2 cm jahe segar, iris tipis
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Di dalam panci, didihkan kaldu.

2

Dengan menggunakan wajan kecil, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan ke dalam panci berisi kaldu.

3

Masukkan bakso ikan, tahu, oyong, Royco Kaldu Ayam, gula, dan garam. Masak hingga matang.

4

Masukkan daun bawang, aduk rata. Angkat.

5

Sajikan hangat dengan ditaburi daun ketumbar.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Royco.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.