strawberry cake dan buah beri segar.

Resep Strawberry Cake Orange Marmalade, Dessert Enak untuk Pencinta Cake Buah

Ciptakan sendiri strawberry cake dengan sensasi jeruk buat kamu yang suka dengan dessert rasa buah. Yuk, cobain resepnya!
strawberry cake dan buah beri segar.
Valentina Limbong | Jan 19, 2023

Punya banyak stroberi di kulkas? Cobain resep strawberry cake orange marmalade ini, yuk! Buah stroberi adalah salah satu jenis buah yang umur simpannya pendek atau cenderung cepat busuk. Jadi kalau kamu punya persediaan buah beri berwarna merah ini, sebaiknya segera dikonsumsi agar tak keburu busuk. Selain disantap langsung atau dijadikan jus dan smoothies, stroberi bisa kamu olah menjadi dessert enak. Salah satunya adalah strawberry cake orange marmalade.  

Tak seperti strawberry cake kebanyakan yang biasanya hanya mencampurkan essens stroberi ke dalam adonan cake, Masak Apa Hari Ini ingin memberi kamu ide untuk memasukkan stroberi berlimpah ke dalam cake. Kombinasi rasa manis dari adonan cake dengan buah stroberi segar ditambah orange marmalade dengan sensasi Buavita Orange, bikin dessert ini lebih istimewa. 

Tips Bikin Strawberry Cake Enak dan Anti Gagal

Nah, supaya kamu sukses membuatnya, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti berikut ini. Tetap semangat dan sering berlatih membuatnya agar hasilnya semakin sempurna, ya.

  1. Pilih stroberi segar ketimbang beku. Buah stroberi dalam keadaan beku mengandung lebih banyak air dan dapat membuat cake cenderung basah saat matang.
  2. Untuk kamu yang alergi dengan produk dairy atau sedang diet susu, subtitusi susu cair dengan susu kedelai atau susu almond. 
  3. Tuang susu cair dan bahan kering secara bergantian untuk memudahkan proses pencampuran adonan yang rata.
  4. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum cake dipanggang. Adonan cake yang dipanggang dengan suhu panas secara tiba-tiba akan mengembang secara maksimal dan warna cake lebih merata.
  5. Bila ingin ukuran cake yang bisa disantap individual, kamu bisa menggunakan cetakan cupcake untuk memanggang.

Yuk, cobain resep strawberry cake orange marmalade ini untuk dessert weekend nanti! Pastikan menggunakan stroberi segar, ya! Untuk resep bernuansa buah-buahan lainnya dari Buavita, coba juga resep popsicle rainbow, panna cotta jeruk, atau sorbet jeruk mangga tanpa mesin es krim yang rasanya seperti sorbet buah di cafe.

Bahan

8
Porsi

3
butir telur ayam
180
g gula pasir berbutir halus
150
ml minyak
150
ml susu cair atau susu kedelai
250
g stroberi, buang daunnya

Bahan kering, ayak bersama

325
g tepung terigu
2
sdt baking powder

Selai orange marmalade

2
buah jeruk navel
5
sdm gula pasir
3
g jeli bubuk

Cara membuat

1

Orange marmalade: Dengan bantuan parutan keju, parut kulit jeruk hanya dibagian permukaannya saja (kulit berwarna oranye). Hindari menyertakan bagian putih karena akan membuat selai terasa pahit. Sisihkan untuk dimasukkan ke dalam adonan.

2

Kupas jeruk, ambil bagian bulir jeruk menggunakan pisau kecil.

3

Masak bulir jeruk, gula pasir, dan Buavita Orange di atas api kecil hingga mendidih dan jeruk hancur atau setengah mengental.

4

Masukkan jeli bubuk, aduk terus hingga mengental. Angkat. Sisihkan.

5

Panaskan oven pada suhu 180° C. Sisihkan.

6

Kocok gula dan telur hingga mengembang selama 5 menit menggunakan mikser kecepatan tinggi. Tuang susu bergantian bersama adonan kering  sambil terus dikocok menggunakan mikser kecepatan rendah hingga rata.

7

Tambahkan minyak, kocok sebentar hingga rata. Pastikan minyak tercampur rata dengan seluruh adonan. Matikan mikser. Tambahkan kulit jeruk parut, aduk rata.

8

Tuang adonan ke dalam loyang persegi 20×20 cm yang sudah dialasi dengan baking paper. Tata stroberi ke atas adonan.

9

Panggang dalam oven panas selama 50 menit atau hingga matang. Keluarkan. Biarkan hingga tidak panas. Sisihkan.

 

10

Masukkan selai orange marmalade ke dalam kantung plastik segitiga. Gunting bagian ujungnya. Hiasi cake dengan orange marmalade. Potong-potong dan sajikan.

Produk

Buavita Orange
Buavita Orange