Resep Sayur Tahu Jamblang Khas Kota Cirebon - MAHI
Satu panci berisikan olahan resep sayur tahu jamblang.

Resep Sayur Tahu Jamblang Khas Cirebon, Menu Enak Sehari-Hari

Satu lagi menu istimewa dari Cirebon yang wajib hadir di atas meja makan, resep sayur tahu jamblang! Praktis dan nikmat, berikut cara membuatnya!
Satu panci berisikan olahan resep sayur tahu jamblang.
Rian Farisa | Nov 16, 2022

Tak heran kalau kota Cirebon adalah salah satu destinasi wisata kuliner paling top di Jawa Barat. Kota ini memiliki kuliner yang beragam dan berwarna. Salah satunya adalah resep sayur tahu jamblang berikut yang menarik untuk dicoba sebagai menu baru di rumah. Penasaran soal makanan yang satu ini? Simak lebih jauh ceritanya, ya! 

Resep Sayur Tahu dan Nasi Jamblang 

Nasi jamblang merupakan salah satu menu paling ikonik dari kota Cirebon. Hidangan yang satu ini memang wajib jadi buruan saat liburan ke sana. Bagaimana tidak? Tak mungkin bisa menolak betapa nikmatnya nasi yang disajikan bersama blakutak cumi dengan tinta hitamnya lalu dilengkapi telur dadar, semur ikan, dan bermacam lainnya.  

Kemudian, ada satu di antara sekian menu pendampingnya yang populer, yaitu resep sayur tahu jamblang. Ditambah wortel dan kol serta tomat, sayur tahu bersantan ini bakal melengkapi pengalaman makan nasi jamblang kamu. Bahkan tak harus untuk nasi jamblang, menu inipun pas tampil sehari-hari sebagai masakan rumahan. Praktis, murah meriah, dan kaya gizi. Seperti biasa, dengan nasi hangat saja lebih dari cukup! 

Rekomendasi Masakan Khas Cirebon Lainnya 

Mumpung masih bahas soal kulineran di Cirebon, Masak Apa Hari Ini sudah banyak mengujicobakan resep-resep dari sana, lho. Selain resep nasi jamblang dengan blakutak cumi tadi, kamu juga bisa menikmati nasi lengko. Kemudian yang pasti jadi favorit adalah empal gentong yang sering hadir di acara kawinan, dan tentunya tahu gejrot extra pedas yang bakal jadikan sore hari kamu lebih meriah! 

Masakan khas Cirebon apa lagi yang harus tampil di sini? Nah, hukum wajibnya untuk kamu mampir-mampir di akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan tinggalkan komen ataupun pesan di sana. Siapa tahu Tim MAHI bakal buat video resepnya untuk kamu. Sekalian, temukan aneka inspirasi seru dari dunia memasak! Terakhir, jangan lupa untuk follow dan like, ya! 

Bahan

4
Porsi
6
buah tahu putih, goreng hingga berkulit
70
g wortel, potong korek api
70
g kol, potong kasar
6
buah cabai merah, buang bijinya, iris serong
3
buah tomat, potong 4 bagian
500
ml air
2
sdm santan instan
3
cm lengkuas
2
lembar daun salam
3
sdm minyak, untuk menumis 

Bumbu, haluskan

6
butir bawang merah, iris halus
4
siung bawang putih, iris halus
1
sdm ketumbar

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Tambahkan cabai merah, aduk hingga layu.  

2

Tuang air dan santan, masak hingga mendidih. Masukkan tomat, Bango Kecap Manis Light, Royco Kaldu Ayam, dan tahu, aduk. Kecilkan api. Masak hingga meresap.  

3

Tambahkan wortel dan kol. Masak hingga layu. Angkat. Sajikan.  

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis Light
Bango Kecap Manis Light

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam