Resep Sayur Labu Siam Kuah Santan - MAHI

Resep Sayur Labu Siam Kuah Santan, Menu Mudah Penggugah Selera

Simpan ke bagian favorit

Bukan sembarang menu, resep Sayur Labu Siam Kuah Santan ini bakal bikin makan tambah terus karena kelezatannya. Cek resepnya, yuk!

2jam
6 Porsi
Mudah
Dilla|Agustus 5, 2021

Bingung mau masak apa hari ini? Coba buat resep Sayur Labu Siam Santan, yuk! Namanya memang terdengar sederhana. Eits, tapi tunggu dulu, menu yang satu ini akan kita buat istimewa. Paduan labu yang empuk dengan kuah gurih dari daging sengkel sapi yang akan kita masak kali ini membuat sajian terasa sangat spesial. Bukan hanya sedap dinikmati bersama nasi hangat, sayur labu siam kuah santan ini juga pas menemani setiap potongan lontong atau ketupat.

Namun, memang terkadang memasak labu siam agak repot karena getahnya. Oleh karena itu, sebelum diolah ke tahap selanjutnya, bersihkan dan gosokkan labu siam yang telah dibelah menjadi dua. Nantinya, di permukaan labu akan terkumpul getah bening. Kerok dan buang getahnya menggunakan pisau. Atau, bisa dengan cara kedua, yaitu menghilangkan getah yang ada di labu siam menggunakan garam, lalu bilas menggunakan air. Setelah bersih dari getah, labu siam siap diolah.

Selanjutnya, tinggal masak bersama aneka bahan lainnya. Nah, ini dia langkah yang bikin resep Sayur Labu Siam Santan buatanmu naik level, yaitu dengan menambahkan Bango Kecap Manis dan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Khas Cepu. Wah dijamin, citarasanya bikin momen makan susah berhenti. Yuk, segera ke dapur!

Bahan-bahan

  • 500 g (2 buah) labu siam, kupas, potong korek api
  • 1 sdm garam
  • 300 g daging sapi bagian sengkel
  • 1300 ml air
  • 90 ml santan instan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk
  • 8 buah cabai merah utuh

Cara membuat

1

Remas-remas labu siam dengan 1/2 sdm garam hingga layu. Cuci bersih. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis serai, daun jeruk, daun salam, dan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Opor Ayam Khas Cepu hingga harum.

3

Tuang air, masukkan daging sengkel. Masak hingga mendidih. Tambahkan garam, kecilkan api. Masak hingga daging sengkel setengah empuk.

4

Masukkan labu siam dan santan, aduk. Masak hingga daging sengkel empuk.

5

Tambahkan  cabai rawit, dan Bango Kecap Manis, aduk. Masak hingga meresap selama 10 menit. Angkat.

Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.