Resep Sayur Kacang Panjang dengan Saus Tiram - MAHI

Resep Sayur Kacang Panjang Saus Tiram, Menu Pelengkap Serba Cocok

Simpan ke bagian favorit

Butuh inspirasi menu pelengkap yang pas untuk segala suasana? Coba dulu resep sayur kacang panjang saus tiram ini, yuk! Mudah dan lezat!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Mei 16, 2022

Lagi mager atau nggak mau masak yang ribet-ribet? Masakan tumisan adalah jawabannya. Kalau di atas meja makan sudah lengkap sajiannya ataupun masih kurang, maka pastikan untuk menambahkan sayur kacang panjang dengan saus tiram yang enak ini!

Sekilas Tentang Sayur Kacang Panjang

Kacang panjang adalah salah satu jenis bahan yang lebih familiar ditemukan di Afrika dan Asia. Menariknya, kacang panjang punya banyak nama lain seperti asparagus bean, cowbean, ataupun long bean yang semua kenal. Kegunaannya dalam dunia kuliner begitu banyak, dari dibuat menjadi bumbu hingga bahan untuk sup ataupun tumisan. Kacang panjang memang lebih banyak diolah sebagai menu rumahan, tapi tahukah kamu bahwa kacang panjang merupakan salah satu bahan makanan tertua di dunia yang dibudidayakan? Menarik!

Bicara soal cara mengolah sayur kacang panjang dalam resep ini ternyata sungguh mudah. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai rawit lalu aduk rata. Kemudian masukkan kacang panjang dan Royco Saus Tiram. Tambahkan garam, aduk hingga layu. Terakhir, tambahkan air dan masak hingga kacang panjang setengah matang, lalu masukkan jamur. Masak hingga matang dan sajikan!

Resep-resep Tumisan Pelengkap

Untuk melengkapi variasi menu pelengkap di rumah, pertama-tama ada tumis buncis dengan tahu dan tempe agar nilai gizinya semakin komplet. Tidak hanya itu, secara rasa menjadi lebih lezat dan lebih menggugah selera karena berbagai tekstur yang terdapat di dalamnya. Tambahkan Bango Kecap Manis Light agar bisa dinikmati semua orang – termasuk mereka yang sedang mengurangi gula ataupun yang vegetarian.

Resep berikutnya adalah paduan tahu dan kailan. Pertama, siapkan bumbu yang dibuat dari bawang putih, cabai merah, dan minyak. Gunakan ini merendam tahu, lalu sisanya bisa dipakai untuk memasak bahan tumisan. Selebihnya tinggal goreng tahu dan sajikan bersama-sama kailan, kapri, serta jamur shiitake. Warna warni menggoda dari hidangan yang sangat simpel ini bakalan cocok sebagai menu pendamping.

Terakhir, pastikan untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram, ya! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak. Seru!

Bahan-bahan

Royco Saus Tiram 275 ml
Yang diperlukan:
Royco Saus Tiram
  • 300 g kacang panjang, potong 4 cm
  • 200 g jamur tiram
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 6 butir bawang merah, iris
  • 2 buah cabai merah, potong serong
  • ½ sdt garam
  • 100 ml air
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabai rawit, aduk rata.

2

Masukkan kacang panjang dan Royco Saus Tiram. Tambahkan garam, aduk hingga layu.

3

Tuang air, masak hingga kacang panjang setengah matang. Tambahkan jamur, masak hingga matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.