Resep Sambal Teri Petai, Nikmat Pedasnya Sulit Ditolak

Simpan ke bagian favorit

Bagi penyuka pedas, sajian makanan tak lengkap tanpa sambal. Yuk, racik resep sambal teri yang nikmat ini agar hidangan lebih menggugah selera!

20mnt
6 Porsi
Mudah
Silmia|Oktober 21, 2020

Bagi penyuka pedas, kehadiran sambal jadi sesuatu yang penting di meja hidang. Beruntungnya kita tinggal di Indonesia, karena kita punya banyak jenis sambal mulai dari sambal bawang, sambal tomat, hingga sambal teri yang lezat. Meski fungsinya sebagai kondimen, sajian sambal bisa menambah selera makan berkali lipat. Setuju?

Nah, kali ini kita akan berbagi salah satu resep sambal yang jadi favorit banyak orang, yakni sambal teri petai. Jenis sambal ini banyak disukai karena paduan pedas dari cabai, asin gurih dari teri, dan aroma khas petai yang begitu harmonis. Apa bedanya sambal teri dan sambal lainnya? Penambahan teri pada sambal ini akan memengaruhi komposisi bahan pada bawang. Misalnya saja rasa teri yang asin membuat kita tak perlu menambahkan banyak garam pada sambal.

Setelah semua bahan dihaluskan, kita juga perlu menggoreng kembali sambal ini agar lebih awet dan rasanya lebih pekat. Dengan begitu, sambal teri petai bisa kita simpan lama di kulkas. Jadi, sekali masak bisa buat berhari-hari. Sambal teri petai juga cocok disandingkan dengan berbagai menu khas Indonesia, mulai dari ayam goreng, tumis taoge, ikan goreng, dan masih banyak lagi. Tentunya, akan lebih nikmat jika disajikan bersama nasi hangat dan kerupuk.

Sudah tidak sabar ingin mencobanya? Yuk, kita langsung ke dapur!

Bahan-bahan

  • 150 g cabai rawit merah
  • 100 g bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 8 lembar daun jeruk, iris tipis
  • ½ sdt gula pasir
  • 200 ml minyak
  • 100 g teri Medan
  • 1 papan petai

Cara membuat

1

Panaskan minyak, goreng teri hingga matang. Angkat. Sisihkan.

2

Haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih.

3

Panaskan minyak sisa menggoreng teritumis sambal dan daun jeruk hingga harum. Masukkan Royco Kaldu Ayam dan gula pasir. Masak hingga matang 

4

Masukkan teri dan petai, aduk hingga petai layu. Angkat. Sajikan.

Sambal teri petai siap disajikan! Selamat mencoba, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.