Resep Sambal Luat Daging Panggang - MAHI

Resep Sambal Luat Daging Panggang, Kelezatan Kuliner Khas NTT yang Hits

Simpan ke bagian favorit

Sambal luat khas NTT memiliki rasa pedas, segar, dan aroma yang kuat. Begitu lezat disajikan dengan irisan daging panggang dan nasi hangat!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Agustus 6, 2021

Sambal luat adalah pasangan sejati se’i atau daging asap khas Nusa Tenggara Timur (NTT). Merupakan campuran dari cabai rawit, tomat segar, daun siba, bawang merah, terasi dan air jeruk nipis. Selain aromatik, sambal ini terasa pedas dan asam yang menyegarkan. Seperti peranan sambal dalam menu makanan masyarakat Indonesia, sambal luat selalu menyertai makanan keluarga NTT, terutama olahan daging yang dipanggang atau diasap seperti se’i.

Masuk dalam kategori sambal unik khas Nusantara, sepintas sambal ini menyerupai sambal matah atau sambal dabu-dabu. Terbuat dari bahan-bahan yang segar dan tidak melalui proses dimasak. Proses pembuatannya praktis tidak memakan waktu lebih dari 10 menit. Semua bahannya diperoleh terkecuali daun siba. Tapi tidak perlu khawatir, kita bisa  menggantinya dengan daun ketumbar.

Usai membuat sambal, saatnya menyiapkan pembuatan daging panggang sebagai penganti se’i atau daging asap untuk memudahkanmu di dapur. Daging dimasak dengan cara dipanggang di oven agar terasa sensasi smokey di setiap irisan dagingnya. Gunakan daging sapi bagian has dalam atau has luar untuk tekstur yang empuk dan cepat matang. Marinasi daging sapi dengan bawang putih dan merica bubuk minimal 15 menit agar meresap sempurna. Irisan daging panggang ini akan terasa begitu sempurna ketika dicocol ke sambal luat. Bukan hanya dimasak dalam oven, metode membuat daging sapi pendamping sambal khas NTT ini juga bisa kamu buat di atas grill pan seperti halnya membuat steak.

Tanpa harus menunggu lebih lama lagi, yuk, simak cara membuatnya berikut ini. Sajikan dengan nasi hangat, hati-hati kamu bisa ketagihan menyantapnya. Habis sambal luat, lalu penasaran untuk mencoba resep lainnya? Kamu bisa cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

Sambal luat

  • 80 g cabai rawit merah
  • 3 butir bawang merah
  • ¼ sdt terasi
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 buah tomat merah, cincang
  • 3 sdm daun ketumbar cincang
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 3 sdm air jeruk nipis

Daging panggang

  • 250 g daging sapi has dalam
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 2 siung bawang putih, parut halus

Cara membuat

1

Marinasi daging sapi dengan Royco Kaldu Sapimerica, dan bawang putih selama 15 menit. Sisihkan.

 

2

Sambal luat: Ulek kasar cabai merah menggunakan cobek. Tambahkan bawang merah, terasi, gula, dan Royco Kaldu Sapi, ulek kembali hingga tercampur rata. Tambahkan tomat, daun ketumbar, daun bawang, dan air jeruk nipis, aduk rata. Sisihkan.

 

3

Panggang daging dalam oven panas 150˚selama 15 menit. Keluarkan. 

4

Iris daging panggang. Sajikan dengan Sambal Luat.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.