Resep Sambal Cumi yang Bikin Nambah Terus - MAHI
Mangkuk berisi hasil masak resep sambal cumi disajikan.

Resep Sambal Cumi, Jadikan Makan Siang Hari Ini Penuh Selera

Nikmatnya resep sambal cumi ini bakal bikin kamu nggak sabar ketemu makan siang. Pas dipadukan berbagai lauk, yuk, cobain resepnya!
Mangkuk berisi hasil masak resep sambal cumi disajikan.
Rian Farisa | Nov 18, 2020

Bingung mau mau masak sambal apa buat siang nanti? Yuk, cobain resep sambal cumi sederhana ini! Resep yang mudah dan praktis ini cocok banget untuk melengkapi aneka hidangan makan siang di meja makan. Apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi putih hangat dan kerupuk bawang. Lezat!

Berbeda dengan resep sambal lainnya, cara masak sambal cumi ini menghadirkan variasi rasa baru yang menggoda. Campuran cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih saja sudah mantap, apalagi ditambah dengan tekstur cumi asin yang kenyal serta renyahnya petai. Dijamin bikin nagih, deh! Kehadiran cumi asin mempengaruhi komposisi bumbu pada resep sambal ini. Misalnya, kamu tak perlu menambahkan banyak garam karena rasa asin sudah didapat dari irisan cumi.

Takut masak cumi karena bau amis? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari bau tidak enak saat mengolah seafood. Kamu bisa meremas-remasnya bersama garam, jeruk nipis, atau air asam jawa. Kemudian diamkan selama 15-20 menit dan bilas hingga bersih. Cara lain untuk menghilangkan bau amis adalah dengan memilih paduan bumbu yang tepat, misalnya dengan menambahkan daun jeruk dan batang serai untuk menetralkan bau amis.

Setelah semua bumbu dihaluskan, saatnya untuk menggoreng di wajan panas. Masukkan semua bumbu halus dan tak lupa tambahkan Royco Kaldu Jamur agar resep sambal cumi-mu terasa makin sedap. Kemudian masukkan cumi baby, petai, dan masak hingga matang merata. Walau terkesan simpel, resep sambal cumi ini cocok dihidangkan dengan berbagai masakan khas Nusantara. Kamu bisa menyajikannya bersama ayam goreng, ikan goreng, atau tumis sayuran agar makin lahap. Sedap!

Sudah tidak sabar ingin mencoba resep sambal cumi untuk makan siang nanti? Yuk, langsung praktek ke dapur!

Bahan

6
Porsi
200
g cabai rawit merah
150
g bawang merah
10
siung bawang putih
12
lembar daun jeruk, iris tipis
3
batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
½
sdt gula pasir
250
g cumi asin baby, cuci bersih
1
papan petai, potong dua
100
ml minyak

Cara membuat

1

Sambal: Haluskan cabai, bawang merah, dan bawang putih. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis sambal, serai, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan cumi, Royco Kaldu Jamur dan gula pasir. Masak hingga matang.

3

Tambahkan petai, aduk hingga petai layu. Angkat. Sajikan.

Selamat makan!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur