Resep Salmon Mentai, Ternyata Mudah untuk Dibuat Sendiri di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Hidangan Salmon Mentai sempat populer di sosial media dan jadi salah satu jajanan favorit di layanan pesan antar makanan. Yuk, coba bikin sendiri!

1jam
4 Porsi
Mudah
Valentina|Oktober 12, 2020

Salmon mentai adalah hidangan nasi ber-topping irisan salmon dan diselimuti dengan campuran mayones dengan tobiko atau telur ikan terbang. Sebagai ide produktif di akhir pekan, aku ingin menantang kamu memasak jajanan yang sempat viral ini di rumah. Selain lebih murah, memasak hidangan ini di rumah juga membuat kamu bebas khawatir. Karena ada saja resiko ketika Salmon Mentai dingin atau terkontaminasi bakteri selama di perjalanan.

Selain itu dengan bikin sendiri di rumah, kamu bebas menentukan tingkat kematangan salmon sesuai selera kamu. Kalau aku lebih suka potongan salmon yang masih setengah matang karena dengan begitu cita rasa daging salmon yang segar masih terasa dan bikin santap lebih semangat.

Supaya lebih efisien, pilih ikan salmon dengan ukuran sesuai kebutuhan kamu. Salmon segar biasanya ditandai dengan warnanya yang masih cerah dan terasa kenyal atau padat saat disentuh. Hindari membeli salmon yang warnanya pucat, berbau amis, dan tekstur ikannya terasa lembek saat ditekan.

Untuk tobiko atau telur ikan terbang bisa kamu dapat di supermarket atau secara online di toko yang banyak menjual bahan masakan impor. Sebagai bahan utamanya yaitu nasi, aku menyarankan kamu untuk menggunakan beras Jepang atau nasi berbulir pendek atau dikenal dengan short grain rice yang lebih pulen dan lengket. Yuk, coba bikin sendiri Salmon Mentai di dapurmu!

Bahan-bahan

Satu kantung saus sambal Jawara hot.
Yang diperlukan:
Saus Sambal Jawara Hot
Beli online
  • 200 g filet ikan salmon, iris tipis
  • ¼ sdt merica putih bubuk

Saus mentai

Nasi bumbu

  • 350 g nasi pulen
  • 5 g nori bubuk
  • 70 g wortel, potong dadu 0,5 cm, blansir
  • 2 sdm cuka beras
  • 1 sdm minyak wijen

Cara membuat

Nasi untuk salmon mentai dibumbui
1

Nasi bumbu: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Jamur. Sisihkan.

Membuat saus mentai dengan mayones dalam kantung plastik
2

Saus mentai: Aduk rata Hellmann’s Real Mayonnaise, Saus Sambal Jawara, tobiko, dan minyak wijen. Masukkan ke dalam kantung plastik segitiga. Sisihkan.

Membumbui ikan salmon untuk resep salmon mentai.
3

Bumbui salmon dengan merica dan Royco Kaldu Jamur. Sisihkan.

Membubuhi topping mayones pada salmon mentai.
4

Siapkan pinggan atau wadah tahan panas. Masukkan nasi, ratakan. Tata irisan salmon ke atasnya. Semprotkan dengan saus mentai hingga menutupi seluruh permukaannya.

Memanggang nasi salmon mentai dalam oven.
5

Bakar dengan blow torch atau panggang dalam oven panas 180° C hingga salmon matang dan lelehan saus mentai berwarna kecokelatan.

Salmon mentai disajikan dalam pinggan tahan panas.
6

Angkat dan sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.