Resep Roti Manis dengan Topping Milk Tea, Sarapan Manis Sekaligus Camilan

Simpan ke bagian favorit

Luangkan weekend ini untuk bikin Roti Manis, yuk! Kali ini bikin versi unik dengan olesan margarin dan taburan SariWangi Milk Tea Caramel.

2jam
6 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Oktober 18, 2020

Sedang mencari inspirasi sarapan yang berbeda? Kalau biasanya kamu selalu menyajikan sarapan roti tawar dengan berbagai olesan, kali ini bikin roti manis sendiri, yuk! Dibuat dari adonan brioche yang sangat fleksibel disajikan langsung, diberi olesan manis, atau bahkan disajikan sebagai bahan utama Korean Garlic Cheese Bread.

Bahan utama membuat roti manis ini adalah tepung terigu protein tinggi. Biasanya jenis tepung terigu ini digunakan untuk  membuat roti, donat, mi, pizza, hingga cakwe. Supaya membuat roti jadi lebih mudah dan kamu lebih percaya, simak beberapa tips berikut ini.

Tips sukses membuat roti manis

  1. Gunakan tepung terigu protein tinggi. Demi membentuk gluten sehingga menghasilkan adonan kalis yang elastis dan mudah dibentuk, kamu membutuhkan tepung terigu jenis protein tinggi. Tepung ini juga akan menghasilkan tekstur roti yang lembut dan empuk.
  2. Gunakan ragi yang berfungsi untuk mematangkan gluten dan membuat tekstur roti mengembang akibat proses fermentasi.
  3. Fermentasikan adonan dalam keadaan tertutup dengan kain lembap atau plastic wrap supaya permukaan adonan tidak kering.
  4. Hindari memanggang roti terlalu lama karena akan membuat tekstur roti menjadi kering.

Supaya jadi roti manis yang unik, aku mengoleskan margarin lalu menaburinya dengan SariWangi Milk Tea Caramel. Pas banget buat teman ngopi atau ngeteh sore.

Bahan-bahan

Satu kotak kemasan SariWangi Milk Tea Caramel.
Yang diperlukan:
SariWangi Milk Tea Caramel
Beli online
  • 110 ml susu cair
  • 30 g gula pasir
  • 4 g ragi instan
  • 250 g tepung terigu protein tinggi
  • ½ sdt garam
  • 1 butir telur ayam
  • 20 g mentega tawar

Olesan

  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 sdt air

Topping roti

Cara membuat

1

Roti: Aduk rata susu, ragi, dan gula, diamkan selama 5-10 menit atau hingga ragi bereaksi.

2

Masukkan tepung, garam, telur dan campuran susu, uleni selama 5 menit hingga menyatu, lalu tambahkan mentega dan uleni lagi 15-20 menit hingga kalis.

3

Bulatkan adonan. Masukkan ke dalam mangkuk, tutup dengan plastic wrap atau kain lembap. Diamkan selama 1 jam.

4

Setelah 1 jam, tekan-tekan adonan hingga gasnya dengan cara ditinju atau ditekan menggunakan kepalan tangan. Timbang adonan 80 g, bulatkan. Tutup dengan plastic wrap atau kain lembap. Diamkan selama 30 menit.

5

Poles permukaan adonan roti dengan bahan olesan telur. Panggang dalam oven panas 180 C selama 10 menit. Keluarkan roti. Diamkan hingga tidak panas.

6

Belah roti menjadi 2 bagian tidak sampai putus. Olesi bagian tengahnya dengan margarin. Taburi dengan SariWangi Milk Tea Caramel.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.