Jenis Masakan


Resep Risol Mayo Keju, Camilan Teman Ngeteh Saat Weekend

Simpan ke bagian favorit

Risol mayo dengan isi lembaran keju dan smoked beef memang mantap disajikan bersama teh. Cari tahu cara membuatnya hanya di Masak Apa Hari Ini!

1jam
12 Porsi
Mudah
Dilla|Desember 25, 2019

Ingin belajar bikin risol mayo sendiri di rumah? Camilan yang biasanya diisi dengan potongan smoked beef dan keju cheddar lembaran memang sulit untuk ditolak. Mantap sekali disajikan bersama minuman hangat atau dingin, kamu yang biasanya membeli kini bisa menyajikannya sendiri di rumah. Pastikan untuk menyiapkannya bagi keluarga di rumah juga, ya!

Risol mayones merupakan modifikasi dari risoles klasik yang biasanya berisi kombinasi sayuran dan daging. Risoles klasik yang populer di tengah jajanan favorit Nusantara ini hadir berkat pengaruh kolonial Belanda di Indonesia. Sama halnya seperti poffertjes, panekoek, bitterballen, klapertaart, bapel, dan beberapa snack yang merupakan warisan Negeri Kincir Angin.

Beberapa faktor risol antigagal ini bisa kamu baca dulu sebelum beranjak ke dapur:

1. Kulit risol mayo tipis dan lentur

Sebelum memasak lembaran kulit, perhatikan adonan kulit. Adonan kulit risoles yang baik tidak menggumpal dan juga licin. Buat lembaran kulit tipis di atas wajan datar antilengket sehingga kamu bisa mendapat pembungkus risoles yang tipis, lentur, dan mudah dilipat.

2. Proses pelapisan tepung

Dalam proses pelapisan tepung, lakukan sebanyak dua kali agar kulit risol terselimuti sempurna dengan tepung roti. Kamu bisa menggunakan tepung roti halus atau tepung roti kasar (yang biasa disebut tepung panko). Kalau kamu melapisnya hanya sekali, maka kulit risoles mungkin takkan terselimuti rata denngan tepung. Jadi sebaiknya lapisi risoles dengan dua kali proses pelapisan tepung.

3. Gunakan wajan datar antilengket

Dalam proses menggorengnya, hindari terlalu banyak menggunakan minyak goreng supaya risoles tidak mudah pecah. Selain itu gunakan api sedang demi mendapat warna kulit risoles yang cokelat merata. Menggoreng dengan wajan antilengket juga memudahkan kamu saat akan membalikkan risol agar tak mudah lengket dan pecah.

Semoga tips ini berguna bagi kamu yang ingin membuat sendiri risol mayo keju di rumah. Sekarang tinggal waktunya untuk kamu beranjak ke pasar, berbelanja segala kebutuhannya, dan kemudian bersiap-siap di dapur. Yuk, sajikan camilan favorit ini untuk temen ngeteh!

Bahan-bahan

Adonan kulit

  • 150 g tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 250 ml susu cair rendah lemak
  • 1 sdm margarin, lelehkan

Isi

  • 6 lembar smoked beef, potong 2
  • 80 g keju cheddar, iris membentuk persegi
  • 3 butir telur, rebus, iris
  • 5 sdm Hellmann's Real Mayonnaise

Lapisan

  • 25 g tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 50 g tepung panir

Cara membuat

1

Adonan kulit: Aduk rata semua bahan hingga menjadi adonan yang licin. Diamkan selama 30 menit. Sisihkan.

2

Olesi tipis wajan datar berdiameter 22 cm dengan minyak. Tuang adonan kulit risoles, putar cepat wajan agar adonan merata ke semua sisi. Masak dengan api kecil hingga pinggiran kulit terlihat kering. Angkat dan sisihkan. Ulangi hingga adonan habis. ​

3

Risoles: Ambil 1 lembar kulit, taruh potongan smoked beef di salah satu sisi kulit, lalu tambahkan 1 irisan keju, 2 irisan telur rebus, dan oleskan 2 sdt Hellmann’s Real Mayonnaise secara merata. Lipat sisi kiri dan kanan ke tengah. Lalu lipat dan gulung dengan rapi, lakukan hingga semua kulit habis. ​

4

Pelapisan kulit: Baluri risoles dengan tepung terigu, masukkan ke dalam kocokan telur, dan terakhir lumuri ke tepung panir. ​

5

Panaskan minyak, goreng risoles hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan sajikan. ​

Nah, ada ide seru lainnya untuk makin meriahkan suasana ngemil kamu di rumah? Jangan lupa cek resep-resep lainnya di MAHI, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.