Resep Pumpkin Soup Roti Panggang untuk MPASI - MAHI
Mangkuk berisikan olahan pumpkin soup.

Resep Pumpkin Soup dengan Roti Panggang untuk Menu MPASI

Sajikan pumpkin soup dengan roti panggang sebagai menu MPASI si kecil! Rasanya dijamin lezat. Cek resepnya, yuk!
Mangkuk berisikan olahan pumpkin soup.
Rian Farisa | Des 20, 2022

Begitu banyak bahan yang kamu bisa kreasikan untuk resep sup MPASI. Salah satu yang banyak penggemarnya adalah pumpkin soup, rasanya gurih manis dan jadi favorit anak-anak maupun orang dewasa. Bagaimana cara membuatnya? Lanjut baca yang berikut ini, ya. 

Jenis Labu untuk Mengolah Pumpkin Soup  

Setidaknya ada beberapa jenis labu yang populer digunakan di Indonesia, berbeda dengan belahan bumi utara yang punya puluhan jenis labu, masing-masing memiliki karakter serta peruntukan yang berbeda. Untuk resep pumpkin soup, yang jelas jangan gunakan jenis labu acar atau labu siam. Jenis yang satu ini lebih cocok sebagai bahan tumisan ataupun resep sup sayur khas Indonesia. 

Maka pilihan yang tersisa biasanya adalah butternut squash dan kabocha. Keduanya punya karakter rasa manis, tapi kabocha digadang-gadang paling unggul soal itu. Dari bentukannya jelas berbeda karena kabocha berbentuk bulat seperti labu-labu pada film Hollywood, namun warna kulitnya hijau. Sementara itu, butternut squash berwarna oranye dan bentuknya memanjang dan membulat seperti gitar. 

Resep pumpkin soup ini menggunakan kabocha, dan mungkin ada sebagian dari kamu yang belum terbiasa mengupasnya karena permukaan labu terkenal keras. Beruntungnya, kulit ini bisa dibuat lebih empuk dan mudah dipotong dengan cara memasukkan labu ke dalam microwave atau oven. Setelah kulit lebih empuk, kamu bisa menggunakan pisau dapur tebal khas Cina untuk membukanya. Buang bijinya, potong-potong ukuran agak besar, dan kupas kulitnya dengan menggunakan pisau. Fakta menarik, kulit kabocha sebetulnya bisa dimakan, tapi untuk menu MPASI ini sebaiknya dikupas saja. Selanjutnya, silakan mengikuti langkah demi langkah pembuatannya di bawah ini. 

Sudah tidak sabar untuk membuatnya? Yuk, langsung saja ke dapur! Sempatkan juga mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi seru lainnya. Kamu bisa tinggalkan komen atau pesan kalau ingin tim MAHI untuk membuatkan resep untukmu. Jangan lupa, sekalian follow dan like akun MAHI juga, ya! 

Bahan

4
Porsi
450
g labu kabocha atau labu kuning, kupas, potong ukuran besar
100
ml krim kental
300
ml air
2
sdm bawang bombay, cincang
1
siung bawang putih
1
sdt garam
¼
sdt merica putih bubuk
¼
sdt pala bubuk
2
sdm minyak zaitun

Roti panggang

2
lembar roti panggang, potong 4 bagian
½
sdt minyak zaitun
sdt garam

Cara membuat

1

Panaskan oven pada suhu 160° C. Sisihkan.  

2

Lumuri labu kuning dengan 1 sdm minyak zaitun. Masukkan ke dalam loyang atau wadah tahan panas. Panggang hingga matang. Sisihkan.  

3

Roti panggang: Tata roti di atas loyang, perciki dengan minyak zaitun dan garam. Panggang selama 10 menit. Keluarkan. Sisihkan. 

4

Panaskan sisa minyak zaitun, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Angkat.  

5

Blender labu bersama air dan bawang tumis. Saring.   

6

Panaskan labu yang sudah dihaluskan di atas api sedang.  

7

Tuang krim kental, garam, Royco Kaldu Jamur, dan merica, dan pala bubuk, aduk. Masak hingga mendidih. Angkat. 

8

Sajikan bersama roti panggang.      

Bahan-bahan

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur