Pempek ikan tenggiri dengan kuah cuko dalam piring saji putih.

Resep Pempek Ikan Tenggiri Kuah Cuko Pedas, Sedap dan Tidak Alot

Bikin pempek ikan tenggiri di rumah, yuk! Sajikan bersama kuah cuko pedas supaya lebih mantap. Bisa juga dibuat sekaligus banyak untuk stok frozen food.
Pempek ikan tenggiri dengan kuah cuko dalam piring saji putih.
Valentina Limbong | Jul 07, 2023

Penggemar pempek ikan tenggiri khas Palembang wajib banget cobain resep pempek dengan kuah cuko pedas ini. Cita rasa ikan tenggiri-nya kuat dengan cocolan manis, asam, dan pedas yang pasti bikin nagih.

Untuk bahan utamanya, selain ikan tenggiri, kamu juga bisa menggunakan ikan kakap merah, ikan gabus, atau ikan ekor kuning. Pastikan menggunakan daging ikan segar supaya hasilnya enak, ya!

Aduk semua bahan adonan pempek hingga rata menggunakan spatula kayu atau sendok nasi. Sesudahnya uleni menggunakan tangan hingga bisa dibentuk. Hindari menguleni dengan tangan terlalu lama supaya adonan pempek tidak keras.

Yuk, coba resep pempek ikan tenggiri dengan kuah cuko pedas ini untuk stok camilan di rumah! Cobain juga resep pempek dos, celimpungan, dan laksan untuk inspirasi jajanan Palembang yang nggak kalah seru. Ingin update menarik lainnya? Ikuti Instagram Masak Apa Hari Ini, ya!

Bahan

6
Porsi

Bahan

500
g daging ikan tenggiri giling
250
g tepung sagu
4
kuning telur
2
sdm tepung terigu
200
ml air es
3
siung bawang putih, haluskan
1
sdt garam
3
siung bawang putih, memarkan
Air, untuk merebus
Minyak, untuk menggoreng dan merebus pempek

Kuah cuko pedas

700
g gula merah, iris halus
200
g cabai rawit hijau, haluskan
100
g asam jawa
10
siung bawang putih
2
sdt garam
4
sdm gula pasir
2
l air
6
sdm cuka
4
sdm ebi, rendam air panas, haluskan

Pelengkap

Mi kuning
Mentimun, cincang

Cara membuat

1

Adonan pempek: Aduk rata ikan tenggiri, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, garam, dan separuh bagian air es menggunakan spatula kayu atau sendok nasi. Masukkan tepung terigu, aduk rata, tambahkan tepung sagu dan sisa air es secara bertahap sambil terus diaduk hingga merata.

2

Uleni menggunakan tangan hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Sisihkan.

3

Didihkan air dalam panci. Kecilkan api saat sudah mendidih dan tuang minyak ke dalamnya. Sisihkan.

4

Buat adonan pempek menjadi 2 bagian untuk dijadikan pempek kapal selam, dan sisanya untuk pempek adaan serta lenjer.

5

Pempek kapal selam: Lumuri tangan dengan minyak. Ambil salah satu bagian adonan pempek. Buat menjadi 4 bagian. Ambil salah satu bagian dan bulatkan. Lubangi bagian tengahnya untuk dijadikan wadah kuning telur dengan cara menekan adonan dengan dua jari. Tuang kuning telur ke dalamnya, rapatkan dengan cara mencubit-cubit ujung adonan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan. Sisihkan.

6

Pempek adaan dan lenjer: Bentuk sisa adonan pempek menjadi bulat seukuran bola pingpong untuk adaan dan bentuk bulat memanjang atau silinder untuk pempek lenjer.

7

Didihkan air bersama bawang putih yang sudah dimemarkan. Celupkan pempek secara bertahap  ke dalamnya dan masak semua pempek hingga matang ditandai pempek mengampung ke permukaan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

8

Kuah cuko pedas: Didihkan semua bahan kuah cuko pedas kecuali cuka dan ebi. Kecilkan api. Masak hingga meresap. Angkat. Tambahkan ebi dan cuka, aduk rata. Diamkan hingga tidak panas. Sisihkan.

9

Panaskan minyak, goreng pempek kapal selam dan adaan secara bertahap hingga permukaannnya berubah warna. Angkat dan tiriskan.

10

Siapkan piring saji, beri mi dan mentimun. Masukkan pempek dan sajikan bersama kuah cuko pedas.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr