Oseng tempe kecap dalam wadah saji putih.

Resep Oseng Tempe Kecap Cabai Hijau, Sedap dan Mudah

Masakan oseng tempe dengan bumbu kecap yang selalu sedap disajikan kapan saja. Sedap disajikan sebagai lauk untuk nasi putih, nasi uduk, atau nasi kuning. Buat yang lagi cari resep lezat untuk tanggal tua, di sini jawabannya!
Oseng tempe kecap dalam wadah saji putih.
Valentina Limbong | Feb 01, 2024

Kalau kamu suka dengan masakan tempe, pasti sudah familier dengan oseng tempe kecap cabai hijau. Lauk rumahan yang praktis dan ekonomis ini biasanya juga sering ditemui di warteg atau rumah makan sederhana.

Ada dua versi menyajikan oseng tempe, yaitu digoreng lebih dulu dan ada yang langsung ditumis bersama bumbunya. Apabila ingin tetap mendapat tekstur garing seperti digoreng tapi dengan minim minyak, kamu bisa menggorengnya dalam air fryer. Lumuri potongan tempe dengan Royco Kaldu Ayam dan 1-2 sdm minyak.

Kemudian masak dalam air fryer dalam suhu tinggi selama 10-15 menit atau hingga tekstur garingnya sesuai selera. Di tengah proses memasak, balikkan tempe supaya warna dan teksturnya merata.

5 Variasi Resep Oseng Tempe Kecap Enak dan Mudah

Hidangan tumis atau oseng tempe sangat populer di dapur rumahan Indonesia. Bahan olahan kacang kedelai ini merupakan lauk nabati kaya protein yang mudah didapat sekaligus ekonomis. Buat kamu yang lagi cari ide masakan tempe, coba variasi resep oseng tempe a la Masak Apa Hari Ini di bawah ini, ya!

  1. Resep Orek Tempe Basah
    Saat menumis tempe, masak di atas api kecil supaya bumbunya meresap. Untuk hidangan orek tempe basah, pastikan memilih tempe segar supaya cita rasanya tidak langu saat matang.
  2. Resep Oseng Tempe Teri
    Gunakan teri jengki atau teri medan yang cocok untuk masakan ini. Bisa juga kamu variasikan dengan olahan ikan asin lain. Misalnya rebon, ikan asin kapas, atau ikan asin tawes.
  3. Resep Tumis Tempe Kikil
    Pastikan untuk memasak kikil lebih dulu hingga empuk, lalu kikil dapat ditumis bersama tempe. Agar aroma kikil tidak menyengat, rebus kikil bersama daun salam, jahe, dan lengkuas. Air merebus kikil cenderung keruh, kamu dapat mengganti airnya sebanyak 2-3 kali untuk mengurangi aroma lemak yang cenderung kuat.
  4. Resep Oseng Tempe Buncis
    Buncis dan kacang panjang biasanya jadi sayuran yang populer untuk oseng tempe. Pilih baby buncis atau buncis yang masih muda ditandai warnanya hijau tua. Teksturnya lebih garing dan lebih cepat matang ketika ditumis.
  5. Resep Oseng Tahu Tempe  
    Bisa juga ditambahkan sayuran seperti buncis, jamur tiram atau jamur kuping agar lebih kaya rasa. Kamu jadi tak perlu repot lagi memasak menu sayuran.

Jangan lupa pastikan selalu segera mengolah tempe di hari yang sama untuk cita rasa terbaik oseng tempe cabai hijau. Untuk ide resep menarik lainnya, jangan lupa untuk follow dan like Instagram Masak Apa Hari Ini, ya!

Bahan

4
Porsi

400
g (1 papan) tempe, potong kotak 2 cm
1
buah tomat, potong 8 bagian
4
siung bawang putih, iris
5
butir bawang merah, iris
5
buah cabai hijau, potong serong
2
lembar daun salam
5
sdm air
Minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Panaskan minyak, goreng tempe hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2

Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau, dan daun salam hingga harum. Tambahkan tomat, aduk hingga layu.

3

Tuang air, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis, aduk rata.

4

Masukkan tempe, masak sambil diaduk hingga meresap. Angkat dan sajikan.

Produk

Sachet 28ml
Sachet 28ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Kemasan Isi Ulang 220ml
Kemasan Isi Ulang 220ml
Botol Plastik 275ml
Botol Plastik 275ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Botol Gelas 620ml
Botol Gelas 620ml
Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr

Tags