Resep Nugget Tempe, Cemilan Sehat untuk Keluarga

Mencari alternatif yang lebih sehat selain chicken nugget ataupun sosis goreng? Ayo coba resep nugget tempe yang satu ini!

25mnt
4 Porsi
Mudah
Maddie|Mei 30, 2018

Di saat banyaknya opsi makanan proses sebagai cemilan, pasti selalu ada cara untuk mengakalinya agar lebih sehat. Segala masakan berminyak seperti kentang goreng, sosis, ataupun nugget bisa kita cari alternatifnya. Bahkan kadang ide datang dari penggunaan bahan yang sehari-hari kita pakai. Memperkenalkan resep nugget tempe, sebuah alternatif sehat yang pasti disukai orang dewasa dan anak-anak!

Pertanyaan yang paling utama di benakku adalah bahan apa yang paling cocok menggantikan nugget pada umumnya. Ternyata tempe adalah jawabannya. Rasanya bisa mendekati daging dan memiliki kekhasannya sendiri. Tempe juga memiliki tekstur yang kuat sehingga tidak mudah rusak ketika dibalut oleh tepung panir dan digoreng.

Sore hari ataupun waktu berbuka puasa biasanya membutuhkan kehadiran cemilan agar membuat suasana lebih ceria. Selain sore merupakan jam-jam tanggung datangnya lapar, tentunya berbuka puasa juga lebih seru bila tersedia beberapa jenis kudapan sembari mengumpulkan seluruh keluarga untuk makan bersama. Nugget tempe menjadi alternatif baru dari segala gorengan ataupun minuman bergula yang acapkali terlalu banyak dikonsumsi sebagai menu pembuka saat iftar.

Resep nugget tempe dan sayur ini justru menyeimbangi adanya proses penggorengan pada saat membuatnya. Kehadiran sayuran kukus berupa wortel dan labu memberikan rasa manis alami yang akrab di lidah orang Indonesia. Meski lazimnya kedua sayur ini dipergunakan sebagai lalapan rebus untuk menu ayam ataupun ikan, nugget tempe ini aku jamin cocok bila disandingkan bersama. Selain tentunya menyehatkan!

Sisanya adalah tempe yang dengan cermat dibalur dengan tepung dan digoreng hingga keemasan. Sebelumnya tempe harus dikukus terlebih dahulu agar matang. Misalnya proses kukus dilewati begitu saja dan tempe digoreng dari mentah, maka beresiko tidak matang sepenuhnya. Apabila dipaksakan ingin matang, hasilnya nanti gorengan malah akan terlalu berminyak atau bahkan gosong. Ini yang sebaiknya diperhatikan pada tahap persiapan menu kudapan yang satu ini.

Dengan demikian, khazanah cemilanku bertambah satu lagi dengan kehadiran nugget tempe yang didampingi sayuran. Sisanya sebagai cocolan, kamu bisa menambahkan saus tomat atau saus sambal bila ingin ada rasa pedas. Selamat mencoba! Jangan lupa coba resep-resepku yang lain ya.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
  • 1 papan tempe
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 1 tangkai seledri, cincang
  • 1 batang daun ketumbar, cincang
  • 100 gram tepung panir
  • minyak sayur

Cara membuat

1

Kukus tempe sampai lunak.

2

Masukkan semua bahan kecuali putih telur ke dalam food processor atau ulekan, kemudian haluskan.

3

Bentuk adonan seperti nugget. Kemudian celup ke dalam putih dan tepung panir hingga merata.

4

Goreng sampai keemasan.

5

Sajikan dengan saus tomat serta potongan labu siam dan wortel yang dikukus.

Menarik bukan nugget tempe ini? Alternatif cemilan ternyata tidak perlu mencari bahan yang terlampau sulit. Cukup apa yang tersedia di rumah dan kita bisa memanfaatkannya menjadi kudapan sehat.


Resep ini pernah dimuat di: www.royco.co.id/Ide-Resep/tempe-nugget.html