Resep Nasi Goreng Sosis Istimewa untuk Sarapan - MAHI

Resep Nasi Goreng Sosis Istimewa, Masak Sarapan Mudah dan Cepat

Simpan ke bagian favorit

Menu sarapan yang mudah, enak, dan cepat? Jawabannya adalah nasi goreng sosis yang berisi ini. Yuk, coba masak untuk besok!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|September 13, 2022

Buat kamu-kamu yang hobi masak di rumah untuk sendiri ataupun keluarga, pastinya ada beberapa jenis masakan yang jadi andalan untuk disajikan saat sarapan. Nah, pasti ada saja di antara kalian yang menjawab “nasi goreng”, bukan? Bagaimana tipe nasi goreng kalian? Apakah gaya bebas ataukah gaya Jawa, misalnya? Satu lagi, deh, tambahan dari Masak Apa Hari Ini yang wajib dicoba untuk resep kali ini, yaitu nasi goreng sosis!

Sarapan Pagi Orang Indonesia

Menu sarapan orang Indonesia jelas berbeda-beda di setiap daerahnya. Dari Pulau Sumatra hingga Papua, semuanya menikmati apapun yang kearifan lokal tawarkan di daerahnya. Misalnya saat kamu bertandang ke ibukota, maka hari-harinya pasti berjumpa dengan yang namanya nasi uduk, bubur ayam, ataupun ketupat sayur. Tak perlu keluar Jawa, seperti misalnya ke Bandung, kamu akan berjumpa dengan kupat tahu. Menuju Semarang, maka akan bertemu nasi ayam. Selalu ada saja menu sarapan menarik di setiap kota, ‘kan?

Nasi goreng biasanya jadi menu rumahan ketimbang makanan kaki lima di pagi hari. Tentu saja tetap ada kedai-kedai yang menjualnya, lengkap dengan mie goreng ataupun kwetiau di pagi hari. Namun entah kenapa, orang biasanya jajan nasi goreng di luar saat makan siang dan juga di malam hari. Pernahkah kamu bertanya-tanya soal ini?

Ya, ternyata jawabannya adalah sesimpel karena biasanya di rumah banyak nasi putih sisa kemarin. Masukkan nasi sisa ke kulkas di waktu malam, dan paginya nasi sudah mengering serta tidak lagi pulen. Tipe nasi yang tidak menggumpal inilah yang cocok untuk diolah menjadi nasi goreng, karena akan mempermudah kamu saat memasaknya. Ditambah lagi, nasi jenis ini lebih mudah menyerap minyak dan bumbu saat dimasak. Makanya, coba nasi goreng sosis berikut ini, ya!

Menu Nasgor Selain Nasi Goreng Sosis

Mumpung nasgor masih jadi topik, Masak Apa Hari Ini juga punya segudang jenis nasgor lainnya yang wajib dicoba lain waktu. Apa, ya, yang mudah untuk dibuat dengan bahan-bahan ala kadarnya di pagi hari karena belum ke pasar? Jangan khawatir, kamu bisa mencoba nasi goreng telur gulung misalnya. Setidaknya, telur selalu ada persediaannya, dong. Jika butuh ide lain, maka ada nasi goreng ayam suwir. Kamu bisa menggunakan sisaan ayam apa saja yang sudah dimasak, dari ayam goreng hingga ayam bakar. Cukup suwir dan padukan dengan resep nasi goreng tadi!

Jadi, tak ada alasan untuk tidak memasak di rumah, deh, zaman sekarang ini. Ide-ide resep begitu banyak, dan kamu bisa menghabiskan sisa bahan di rumah sehingga tidak ada yang mubazir. Hasilnya? Terciptalah nasi goreng sosis yang lezat ataupun paduan lainnya yang tak kalah nikmatnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan

  • 4 porsi nasi putih
  • 200 g filet dada ayam, cincang
  • 200 g sosis sapi atau ayam, potong serong
  • 80 g wortel, cincang
  • 150 g pakchoy, potong 2 cm
  • 4 butir telur ayam, buat mata sapi
  • 2 buah tomat, iris
  • 6 butir bawang merah, cincang
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 2 buah cabai merah, buang biji, iris
  • ½ sdm garam
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Masukkan daging ayam, tumis sebentar.

2

Masukkan sosis dan wortel, masak hingga daging ayam matang.

3

Masukkan nasi, pakchoy, Bango Kecap Manis Hitam Gurih, Royco Kaldu Ayam, dan garam.

4

Masak sambil terus diaduk hingga tercampur rata dan nasi berasap. Angkat.

5

Siapkan piring saji, isi dengan nasi goreng. Tambahkan telur mata sapi dan irisan tomat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.