Resep Nasi Goreng Rawon Pedas dan Praktis - MAHI
Sepiring nasi goreng rawon disajikan di atas wajan dan anglo.

Resep Nasi Goreng Rawon, Menu Baru yang Wajib Dicoba

Penasaran mengulik resep nasi goreng yang berbeda? Coba dulu nasi goreng rawon berikut! Praktis dengan rasa pedas nikmat bikin nagih!
Sepiring nasi goreng rawon disajikan di atas wajan dan anglo.
Rian Farisa | Des 14, 2022

Satu lagi racikan nasi goreng yang memberi warna baru pada ribuan resep milik Masak Apa Hari Ini. Bukan gaya kampung, bukan juga gaya Peranakan, tapi yang satu ini asli kreasi negeri sendiri. Namanya adalah nasi goreng rawon yang rasa pedas gurihnya bikin nagih dan cara membuatnya mudah banget. Cari tahu lebih lanjut, yuk! 

Keluak dan Nasi Goreng Rawon 

Kalau bicara soal rawon, pasti tidak jauh dari soal warna hitamnya yang dominan serta rasanya yang khas. Alasan yang menyebabkan itu semua bukanlah tinta cumi, melainkan buah keluak. Disebut juga dengan nama kluwek atau kepayang, bahan yang satu ini Indonesia banget alias hanya tumbuh di negeri ini. Maka tak heran masakan yang berkreasi menggunakan keluak banyaknya dari Indonesia, serta ada sebagian dari Singapura ataupun Malaysia. 

Selain nasi goreng rawon ataupun rawon kuah khas Malang dan Surabaya, tahukah apa lagi masakan yang menggunakan keluar? Misalnya saja ada gabus pucung khas Betawi, brongkos dari Jawa Tengah, pindang tetel khas Pekalongan, dan beberapa masakan asal Toraja maupun Minahasa. 

Nah, setelah berkenalan sedikit dengan keluak, maka apa yang perlu dilakukan selanjutnya untuk meracik nasi goreng rawon ini. Apalagi katanya keluak perlu diolah terlebih dahulu agar racunnya hilang. Jangan khawatir, ada cara praktis dan aman untuk memasaknya. Rahasianya adalah menggunakan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang yang cita rasanya sudah teruji serta otentik.  

Agar makin mantap, tumis dahulu bawang dan cabai serta padukan dengan bumbu Bango. Selebihnya kamu tinggal mencampurnya dengan nasi goreng, kecap manis, tumisan daging, serta sayur pakchoy. Aduk hingga merata dan sajikan selagi hangat. Tambahkan telur ceplok dan emping. Wah, wah, siap-siap saja kehabisan kalau kalah cepat di atas meja makan! 

Penasaran mencobanya? Coba masak hari ini, yuk! Jangan lupa untuk mampir-mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya! 

Bahan

1
Porsi
3
porsi nasi
200
g daging sapi sukiyaki, iris
100
g pakchoy, potong 3 cm
1
buah mentimun, potong serong
1
buah tomat, iris
3
sdm minyak, untuk menumis 

Bumbu

6
butir bawang merah, iris
5
buah cabai rawit merah, iris
5
lembar daun jeruk, buang tulang daunnya 

Pelengkap

Kerupuk udang
Telur asin

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis semua bahan bumbu hingga harum. Tambahkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Rawon Khas Malang, aduk rata. 

2

Masukkan daging, aduk sebentar. Masak hingga daging matang.  

3

Masukkan nasi dan Bango Kecap Manis. Aduk hingga rata dan nasi berasap. Tambahkan pakchoy, daun bawang, aduk sebentar. Angkat.  

4

Sajikan nasi goreng dengan telur asin, tomat, mentimun, dan kerupuk udang.  

Bahan-bahan

Bango Bumbu Rawon Khas Malang
Bango Bumbu Rawon Khas Malang

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis