Nashville hot chicken dalam piring saji putih dengan acar gerkins.

Resep Nashville Hot Chicken, Garing dan Pedasnya Mantap

Resep Nashville hot chicken yang cocok banget buat ide jualan. Bisa juga dibuat hanya dari potongan daging ayam favorit, misalnya sayap atau paha bawah.
Nashville hot chicken dalam piring saji putih dengan acar gerkins.
Valentina Limbong | Agu 22, 2023

Ada banyak sekali variasi ayam goreng tepung populer. Misalnya ayam goreng Korea, ayam goreng bawang putih, ayam goreng krispi, dan yang belakangan sedang populer adalah Nashville hot chicken. Yang unik dari ayam goreng tepung pedas ini adalah saus pedas berminyak yang dioleskan saat ayam sudah matang.

Supaya potongan dagingnya lembut, salah satu tahap dalam resep ayam asal salah satu kota di Tennesee, Amerika Serikat ini adalah melumuri daging dengan adonan basah. Dibuat dari campuran buttermilk dan saus asam pedas atau hot sauce. Nah, supaya lebih gampang Masak Apa Hari Ini membuat substitusinya dari campuran susu cair, cuka, telur, dan Jawara Saus Sambal Extra Hot. Jadi lebih ekonomis, kan?

Umumnya Nashville hot chicken disajikan seperti sandwich yaitu dinikmati bersama burger bun dan tambahan gherkins (acar mentimun). Kalau kamu tak menyukai penyajian seperti hamburger atau sandwich, bisa juga menyajikannya dengan kentang goreng atau panggang dan salad sayuran. Yuk, cobain resepnya sekarang! Simak juga resep-resep praktis lainnya di akun Instagram Masak Apa Hari Ini. Jangan lupa follow dan likeya!

 

 

Bahan

4
Porsi

1
ekor ayam, potong 12 atau 16 bagian, buang kulitnya
1
sdt garam
½
sdt merica hitam bubuk
Minyak, untuk menggoreng

Lapisan tepung:

250
g tepung terigu
2
sdm tepung maizena
2
sdm paprika bubuk
2
sdm cayenne pepper bubuk
½
sdm bawang putih bubuk

Adonan basah, aduk rata:

250
ml susu cair
2
butir telur
1
sdm cuka

Saus, aduk rata:

4
sdm cayenne pepper bubuk
2
sdm paprika bubuk
1
sdm bawang putih bubuk
1
sdm brown sugar atau gula pasir

Pelengkap:

Roti atau kentang goreng
Gherkins atau salad sayuran

Cara membuat

1

Lumuri daging ayam dengan garam dan merica. Masukkan ke dalam wadah tertutup. Diamkan dalam kulkas selama 30 menit hingga 1 jam. Sisihkan.

2

Lapisan tepung: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam. Sisihkan.

3

Keluarkan daging ayam dari dalam kulkas. Lumuri daging ayam dengan lapisan tepung, kemudian celupkan ke dalam adonan basah. Lumuri kembali dengan lapisan tepung. Sisihkan.

4

Panaskan minyak, goreng daging ayam di atas api sedang hingga matang. Setelah matang, besarkan api dan goreng sebentar hingga garing. Angkat dan tiriskan.

5

Saus: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam. Tambahkan 7 sdm minyak panas sisa menggoreng daging ayam. Aduk hingga larut.

6

Saat daging ayam masih panas, olesi dengan saus secara merata. Sajikan bersama pelengkap.

Untuk versi adonan basah yang ekonomis sekaligus sedap, gunakan susu cair, cuka, telur, dan Jawara Saus Sambal Extra Hot.

Produk

Jawara Saus Sambal Extra Hot
Jawara Saus Sambal Extra Hot

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr