Sepiring hasil olahan resep mie lethek godhog.

Resep Mie Lethek Godhog, Bakal Bikin Kamu Kangen Jogja

Buat yang kangen liburan ke Jogja dan sekitarnya, ada makanan yang bisa jadi pelipur lara. Coba resep mie lethek godhog yang enak ini, yuk!
Sepiring hasil olahan resep mie lethek godhog.
Rian Farisa | Okt 21, 2022

Untuk pencinta makanan khas Jogja dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan mie rebus. Hangat segar terasa saat menyeruputnya, terlebih sembari menikmati udara sejuk malam hari. Tapi tahukah kamu bahwa ada jenis mie yang unik dan dapat diolah menjadi hidangan yang sama? Yuk, coba cari tahu soal resep mie lethek godhog berikut!

Apakah Mie Lethek Itu?

Beda dengan mie kuning yang biasa dipakai pada hidangan mie rebus khas Jogja, mie lethek justru berwarna cokelat. Sekilas kalau dilihat bentukannya seperti bihun atau mie gelas yang biasa digunakan untuk hidangan japchae. Yang menarik adalah bahan dasarnya mie berasal dari singkong.

Unik, ya, saat mendengar bahwa ternyata ada mie yang dibuat dari singkong? Tunggu sampai kamu juga mendengar cerita proses pembuatannya yang begitu tradisional. Pertama, tepung singkong dipanggang terlebih dahulu dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu. Setelahnya, adonan harus diolah dengan menggunakan mesin penggilingan yang khusus digerakkan oleh tenaga sapi selama 2 jam. Selanjutnya, mie dipanggang dalam tungku kayu bakar selama 3 jam dan adonan mie kemudian dicetak, dikemas, dan siap untuk dijual. Saat di Jogja, kamu bisa menemukannya dengan mudah di berbagai pasar tradisional. Bahkan ada yang menjualnya juga dalam bentuk siap santap.

Resep Mie Lethek Rebus dan Olahan Lainnya

Umumnya mie lethek diolah dengan cara ditumis ataupun direbus. Untuk resep mie lethek tumis biasanya dipadukan dengan bumbu halus dari bawang dan kemiri, lalu dimasak bersama ayam, sayuran, dan kecap manis. Mirip dengan resep mie lethek godhog berikut yang juga menggunakan bumbu halus serupa, namun pelengkapnya lebih komplet. Ada bakso, sawi hijau, kol, daun bawang, ayam, serta tentunya telur. Saat proses perebusan mulai berlangsung, aduk hingga bumbu merata, dan telur mulai berserabut, maka tak lama tibalah waktu untuk menikmatinya. Tersaji hangat, wah, nikmatnya sungguh tiada duanya!

Jangan khawatir kalau kamu kesulitan menemukan mie lethek di daerah kamu, karena tentunya bisa diganti dengan menggunakan suun, bihun, ataupun jenis mie gelas lainnya. Untuk masakan mie khas Jawa lainnya, kapan-kapan kamu juga bisa mencoba mie goreng ataupun mie nyemek. Selamat mencoba!

Bahan

4
Porsi

250
g mie lethek
300
g filet dada ayam, iris
100
g sawi hijau, potong 2 cm
100
g kol, iris kasar
10
butir bakso sapi, iris
2
butir telur, kocok lepas
1
buah tomat, potong-potong
800
ml air
2
batang daun bawang, iris tebal
2
batang seledri, iris halus
3
sdm minyak, untuk menumis
Air panas, untuk merendam mie

Bumbu halus

6
butir bawang merah
4
siung bawang putih
4
butir kemiri, sangrai
½
sdm garam
1
sdt merica

Pelengkap

Acar mentimun
Emping goreng

Cara membuat

1

Rendam mi lethek dalam air panas hingga lunak. Tiriskan. Aduk bersama 1 sdm minyak, sisihkan.

2

Panaskan sisa minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata. Tuang air, masak hingga mendidih.

3

Masukkan bakso, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis, aduk.

4

Tambahkan telur, aduk perlahan hingga timbul seperti serabut.

5

Masukkan sawi, kol, mi, dan tomat. Masak hingga layu.

6

Tambahkan daun bawang dan seledri, aduk hingga mi matang. Angkat. Sajikan bersama pelengkap.

Produk

Sachet 28ml
Sachet 28ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Kemasan Isi Ulang 220ml
Kemasan Isi Ulang 220ml
Botol Plastik 275ml
Botol Plastik 275ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Botol Gelas 620ml
Botol Gelas 620ml
Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr