Resep Martabak Mini Isi Daging - MAHI

Resep Martabak Mini Isi Daging, Takjil Enak dan Praktis Saat Ramadan

Simpan ke bagian favorit

Coba resep Martabak Mini Isi Daging yang mudah dibuat ini, yuk! Bukan cuma untuk camilan, tetapi juga pas disiapkan dalam jumlah banyak untuk jadi lauk pendamping.

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Februari 16, 2022

Siapa yang doyan jajan martabak sore hari? Supaya tidak melulu menghabiskan uang untuk memesan martabak telur di tempat langganan, kita bikin sendiri versi martabak mini, yuk! Resep Martabak Mini Isi Daging ini sangat praktis dan bisa juga kamu sajikan untuk lauk pendamping, sarapan, atau camilan. Bango Bumbu Kuliner Nusantara Nasi Goreng Kambing membuat proses membuat bumbu isian tumis daging jadi lebih cepat dan praktis. Pilih daging sapi giling dengan sedikit lemak atau tanpa lemak sebagai bahan isinya. Agar cita rasa dan teksturnya lebih kaya, tambahkan sayur-sayuran seperti wortel, jamur, zucchini, atau buncis.

Tips martabak mini anti sobek

Seringkali saat membuat gorengan dengan kulit seperti lumpia, martabak, atau risol menemui kegagalan saat digoreng. Misalnya kulitnya sobek dan isiannya akan keluar. Atau bisa juga warna kulit tidak merata sehingga tidak cantik untuk difoto. Nah, supaya kamu makin pede bikin martabak mini, simak beberapa tips ini, ya!

  1. Gunakan kulit lumpia kotak dalam kemasan yang cenderung lebih tebal, tak mudah sobek, dan mudah dilipat.
  2. Tumis bahan isi hingga airnya terserap habis. Bahan isi yang masih mengandung banyak air akan membuat kulit lumpia basah dan mudah sobek saat digulung atau ketika digoreng dalam minyak panas.
  3. Setelah tumis daging dimasak, diamkan hingga tidak panas sehingga tidak membuat kulit lumpia jadi ikut panas dan lembek. Ini akan membuat martabak jadi lebih rapuh dan bisa sobek ketika digoreng.
  4. Goreng dalam minyak banyak di atas api sedang agar warnanya merata dan matang sempurna.
  5. Gunakan wajan datar agar proses membalikkan martabak lebih mudah.

Inspirasi resep Martabak Mini Isi Daging yang praktis ini bisa kamu sajikan sebagai camilan baru untuk keluarga di rumah. Bikin sekaligus banyak untuk snack sekaligus lauk pun tentu bikin pekerjaan di dapur jadi lebih ringan, kan? Apalagi saat bulan Ramadan, kamu tentu lebih memilih masakan yang bisa dijadikan untuk #takjil yang juga bisa dijadikan untuk sahur. Jadi, mulai siapkan bahan-bahannya, yuk!

Jangan lupa untuk follow, like, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan

bango bumbu-kuliner
Yang diperlukan:
Bango Bumbu Nasi Goreng Kambing Khas Jakarta
Beli online
  • 12 lembar kulit lumpia siap pakai
  • Minyak, untuk menggoreng

Isi

  • 50 g bawang bombay, cincang
  • 100 g wortel, potong dadu kecil
  • 300 g daging sapi giling tanpa lemak
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 butir telur bebek
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Pelengkap

  • Cabai rawit hijau

Cara membuat

martabak mini tumis bawang
1

Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan wortel, aduk 

martabak mini bumbu
2

Masukkan daging cincang, aduk. Tambahkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Nasi Goreng Kambing, aduk. Masak hingga hampir matang, tambahkan daun bawang, aduk. Angkat. 

martabak mini telur
3

Biarkan hingga tidak panas, masukkan telur bebek. Aduk hingga rata.  

martabak mini isian
4

Ambil selembar kulit lumpia siap pakai, beri 1 sdm tumis daging ke bagian tengahnya. Lipat membentuk kotak, rekatkan bagian pinggirannya menggunakan air. Ulangi proses serupa pada sisa bahan  

martabak mini goreng
5

Panaskan minyak, goreng martabak hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.  

 

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.