lumpia udang di atas piring hitam bersama sambal

Resep Lumpia Udang Isi Cream Cheese, Rasanya Unik dan Mantap

Ingin coba lumpia udang yang lebih istimewa? Tambahkan saja cream cheese agar makin nikmat. Coba resepnya, yuk!
lumpia udang di atas piring hitam bersama sambal
Rian Farisa | Jan 20, 2023

Masak Apa Hari Ini punya kejutan untuk penggemar camilan, nih! Bukan gorengan biasa, kali ini ada lumpia udang istimewa untuk kamu siapkan sebagai camilan sore nanti. Yang bikin lumpia ini berbeda adalah tambahan isian cream cheese yang kekinian. Yuk, cari tahu cara membuatnya!

Cream Cheese di Dalam Lumpia Udang

Tak hanya risol yang bisa diisi keju, lumpia juga bisa banget menggunakan isian ini dan rasanya tak kalah enak! Kali ini, Masak Apa Hari Ini tidak menggunakan keju biasa, melainkan cream cheese. Hmm… Apa bedanya dengan keju biasa? Nah, sekalian bahas bareng-bareng, yuk!

Yang namanya keju, semuanya berasal dari susu, tapi yang membedakan adalah proses pembuatan, campuran bahan, serta proses fermentasinya. Untuk cream cheese, prosesnya berawal dari mendidihkan susu, tapi perlu adanya tambahan bahan yang bersifat asam, misalnya buttermilk atau perasan jeruk lemon, bahkan cuka. Unsur asam inilah yang akan memicu casein atau protein pada susu, untuk berkoagulasi dan membentuk gumpalan.

Setelah mendidih, susu kemudian disaring dengan kain agar terpisah dengan gumpalannya. Gumpalan-gumpalan ini disebut dengan istilah milk curd, yang kemudian didiamkan dan diperas hingga kandungan airnya keluar. Milk curd lalu dipadukan dengan mentega, garam, serta krim, untuk kemudian digiling hingga halus. Maka, hadirlah cream cheese dengan tekstur khas yang lembut dan halus seperti mentega.

Cream cheese paling populer digunakan sebagai bahan olesan pada roti bagel, yang kemudian diisikan juga dengan irisan ikan salmon asap dan potongan bawang bombay serta dill. Banyak yang menyukai cita rasanya yang gurih masam serta teksturnya yang khas, sehingga cream cheese seringkali menjadi kombinasi penting dengan aneka makanan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, coba isikan juga ke dalam lumpia udang krispi dengan tambahan udang dan wortel, yuk! Sajikan sebagai camilan di sore hari dan lengkapi juga dengan cocolan berupa Jawara Saus Sambal Hot. Ikuti resep dan cara membuatnya di bawah ini dan selamat menikmati!

Bahan

4
Porsi

20
lembar kulit lumpia ukuran 12,5 cm
20
buah udang ukuran sedang, kupas, sisakan ekor
180
g wortel, parut
140
g cream cheese
½
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk
batang daun bawang, iris tipis
Minyak, untuk menggoreng

Pelengkap

Cara membuat

1

Lumuri udang dengan garam dan merica. Sisihkan.

2

Aduk rata wortel dengan cream cheese, daun bawang, dan Royco Kaldu Ayam. Sisihkan.

3

Ambil selembar kulit lumpia, letakkan udang di salah satu sudut kulit Posisikan ekor udang di luar kulit pangsit sehingga ketika digulung, ekor udang berada di luar lumpia.

4

Tambahkan campuran cream cheese ke atas badan udang. Lipat ke dalam hingga membentuk segitiga. Gulung sambil dipadatkan hingga membentuk silinder atau lumpia. Rekatkan dengan air. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

5

Panaskan minyak, goreng lumpia udang hingga matang dan cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan.

6

Sajikan bersama Jawara Saus Sambal Hot.

Produk

Jawara Saus Sambal Hot
Jawara Saus Sambal Hot

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr