Resep Lumpia Tahu Udang yang Gurih Nikmat - MAHI

Resep Lumpia Tahu Udang, Camilan Lezat Berisi Bikin Nagih

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi kreasi camilan seru dari Masak Apa Hari Ini. Resep lumpia tahu isi udang yang satu ini bakalan jadi favorit baru di rumah. Coba masak, yuk!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Juli 22, 2022

Penggemar lumpia, ayo angkat tangannya! Setelah sekian banyak resep camilan dan gorengan dari Masak Apa Hari Ini, sekarang waktunya mencoba yang satu ini – resep lumpia tahu udang! Apakah bedanya dengan lumpia biasanya? Nah, yang satu ini menggunakan kulit tahu sebagai pembungkus isiannya dan bukan kulit lumpia siap pakai yang biasanya, lho!

Buat kamu yang tidak terbiasa mengolah kulit tahu, jangan khawatir, ya, karena mudah banget! Tapi ngomong-ngomong, apakah ada bedanya dengan kembang tahu? Makanya, yuk, sekalian baca ceritanya sebelum mulai memasak!

Seperti Apakah Kembang Tahu?

Tampak mirip-mirip, tapi, kok, ternyata beda, ya, antara kulit tahu yang dipakai sebagai pembungkus resep lumpia ini kalau dibandingkan dengan kembang tahu. Masalahnya orang Indonesia terkadang mempersepsikan kembang tahu sama dengan kulit tahu, dan inilah yang perlu diluruskan. Sumbernya sama yaitu kacang kedelai, namun cara memprosesnya beda.

Kembang tahu berasal dari air perasan kedelai atau susu kedelai, yang direbus dengan api kecil sehingga memunculkan lapis demi lapis kulit di atas permukaannya. Protein ini disebut sebagai kulit susu, sama seperti yang kamu lihat pada susu sapi saat direbus, dan bisa dikonsumsi. Kulit ini kemudian diangkat dengan menggunakan sumpit atau bambu, diangin-anginkan, kemudian dijemur. Itulah mengapa bentukan kembang tahu bertekstur lebih kering, tidak rata, dan mudah hancur.

Kulit Tahu untuk Resep Lumpia Tahu

Untuk resep hari ini, kulit tahu adalah yang akan dipergunakan, sehingga jangan sampai salah membeli, ya. Umumnya kulit tahu dipergunakan untuk berbagai masakan Peranakan seperti dim sum atau ngohiong. Berbeda dengan kembang tahu yang biasa dijadikan sebagai bagian dari olahan sup.

Soal prosesnya, pembuatan kulit tahu yang sejak awal sudah menambahkan larutan garam saat merebus susu kedelai. Tujuannya adalah agar susu kedelai menggumpal dan dicetak lembar demi lembar dengan menggunakan kain sebagai pembatasnya. Lembaran kain berisi kedelai ini kemudian ditekan menggunakan alat berat sehingga memeras airnya keluar. Kemudian, kulit tahu dilepas dari kainnya, dikeringkan, dan siap untuk diolah. Hasilnya, lebih rapi bentuk lembarannya dan lebih lentur. Kalau kamu mengikut cara membuatnya pada resep ini, pastikan agar kulit tahu direndam terlebih dahulu agar menjadi kadar garamnya berkurang dan menjadi basah sehingga bisa dengan mudah dibentuk menjadi lumpia.

Sekarang, waktunya untuk mengikuti langkah demi langkah cara membuat lumpia tahu! Jadikan resep camilan yang satu ini sebagai menu akhir hari yang biasa dinikmati bersama teh ataupun kopi. Seru!

Bahan-bahan

  • 200 g kulit tahu
  • 100 g jamur hioko, rebus dengan air mendidih hingga empuk, tiriskan
  • 100 g tahu putih, haluskan
  • 1 batang daun bawang, iris halus

Adonan udang

Cara membuat

1

Rendam kulit tahu hingga lunak. Tiriskan. Sisihkan.

2

Cincang halus jamur hioko, peras jika masih masih mengandung banyak air. Sisihkan.

3

Adonan udang: Masukkan semua bahan termasuk Royco Saus Tiram dan Royco Kaldu Sapi ke dalam chopper. Proses hingga halus. Pindahkan ke dalam wadah, aduk rata bersama jamur, tahu, dan daun bawang.

4

Masukkan ke dalam piping bag atau kantung plastik segitiga agar adonan lebih mudah dan lebih rapi saat diletakkan di atas kulit tahu. Gunting bagian ujungnya dengan lebar sekitar 2 cm.

5

Siapkan kulit tahu, gunting bagian lebarnya mengikuti ukuran pinggan yang akan digunakan untuk mengukus lumpia kulit tahu. Semprotkan adonan di bagian ujungnya secara memanjang. Gulung sambil dipadatkan. Gunting saat adonan sudah terbungkus rapat dengan kulit tahu, ulangi kembali menyemprot adonan, gulung, dan gunting. Bila sudah hampir hampir habis, ganti dengan kulit tahu berikutnya dan ulangi proses serupa hingga habis. Susun lumpia di atas pinggan tahan panas.

6

Kukus kulit tahu dalam dandang hingga matang. Angkat. Potong-potong dan sajikan atau bisa digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.