Resep Lumpia Keju Mie, Menu Takjil Unik dan Lezat - MAHI

Resep Lumpia Keju Mie, Kejutan Lezat di Waktu Berbuka Puasa

Simpan ke bagian favorit

Berbeda dengan lumpia lainnya, resep ini punya isian yang unik dan lezat. Cocok sebagai camilan ataupun takjil. Coba buat lumpia keju mie, yuk!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Maret 29, 2022

Mungkin sudah banyak jenis lumpia yang sudah kamu coba seumur hidupmu. Bagaimana tidak? Lumpia bisa ditemukan hampir di semua lokasi di Indonesia bahkan di luar negeri dengan isian beragam dan variasi berbeda, yaitu bisa disajikan basah ataupun goreng. Berbekal kulit siap pakai, kamu bisa berkreasi dengan bermacam-macam isian. Nah, yang satu ini bisa jadi kamu belum pernah coba! Sekalian untuk menambah koleksi resep kamu di dapur, yuk, berkenalan dengan yang namanya lumpia keju mie!

Lumpia umumnya dikenal karena kulitnya yang renyah. Meskipun demikian ada juga lumpia yang menggunakan kulit basah seperti misalnya lumpia basah khas Bandung ataupun lumpia Vietnam. Secara tradisional, isiannya juga biasa menggunakan sayuran yang dipotong-potong dadu atau julienne, sehingga mudah untuk dikunyah, renyah, dan bisa mengisi sebagian besar ruang dalam lumpia. Jenis sayurannya bisa bermacam-macam dan bahkan tak jarang ditambahkan daging, ayam, seafood, dan lain-lain.

Kali ini kamu akan bermain dengan isian yang sangat unik. Langkah pertamanya adalah mencampur parutan keju cheddar dan mozzarella. Kemudian padukan dengan telur yang dikocok serta Royco Kaldu Ayam dan merica. Isian lainnya adalah mie serta zucchini dan daun bawang sebagai gizi penyeimbang serta penyumbang tekstur. Renyah lembutnya zucchini menjadi satu kekhasan tersendiri dari lumpia ini, ditambah dengan kehadiran mie telur yang sudah direbus.

Namun, ada saja musimnya saat kamu mungkin kesulitan menemukan zucchini, bahkan di supermarket sekalipun. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan wortel, jamur, sawi putih, ataupun buncis. Kesemuanya cocok dipadukan dengan mie ataupun keju sebagai isiannya. Fleksibilitas seperti inilah semestinya menjadikan kamu semakin semangat memasak di dapur. Apalagi di bulan Ramadan saat kamu punya waktu ngabuburit yang panjang. Daripada jalan-jalan dan belanja kebanyakan camilan di luar, lebih seru untuk menyiapkan lumpia keju ini sebagai menu takjil, lho!

Lanjutkan untuk memasukkan isian ke dalam kulit lumpia kotak siap pakai, lipat dengan rapi dan lumuri air di bagian ujung-ujungnya agar rapi. Goreng di atas minyak banyak dan api sedang, sajikan setelah berwarna cokelat keemasan dan kulitnya renyah. Nikmati selagi hangat dengan cocolan Jawara Saus Sambal Hot. Ajib!

Pesan terakhir, jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram Masak Apa Hari Iniya! Di sana kamu bisa bertanya apa saja dan juga request resep. Selamat mencoba lumpia keju mie!

Bahan-bahan

  • 12 lembar kulit lumpia kotak siap pakai
  • 150 g mi telur kering, rebus, tiriskan
  • 100 g zucchini, parut
  • 1 butir telur ayam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • 50 g keju cheddar parut
  • 70 g keju mozzarella parut

Cara membuat

1

Aduk rata keju cheddar bersama mozzarella. Sisihkan.

2

Kocok telur bersama telur, Royco Kaldu Ayam dan merica. Masukkan mi, zucchini, dan daun bawang.

3

Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sdm campuran mi ke bagian tengahnya. Bubuhi dengan campuran keju. Olesi bagian pinggir kulit dengan air. Gulung dan lipat lumpia sambil dipadatkan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

4

Panaskan minyak, goreng lumpia di atas api sedang hingga matang. Angkat dan tiriskan.

5

Sajikan dengan Jawara Saus Sambal Hot.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.