Resep Laksa Udang Istimewa
Laksa udang disajikan dalam piring di atas permukaan gelap.

Resep Laksa Udang, Sebuah Sajian Spesial untuk Keluarga Tercinta

Yuk, bikin Laksa Udang untuk menu istimewa keluarga di akhir pekan ini! Hidangan mi komplet yang bukan cuma enak tapi mengenyangkan.
Laksa udang disajikan dalam piring di atas permukaan gelap.
Valentina | Okt 29, 2020

Pencinta laksa atau menu mi berkuah santan wajib banget coba resep Laksa Udang ini. Hidangan yang punya pengaruh Melayu dan Cina ini merupakan mi berkuah santan dengan cita rasa khas Asia Tenggara. Laksa populer juga di Malaysia dan Singapura. Salah satu yang populer dengan hidangan laksa adalah Penang.

Kali ini aku ingin berbagi resep Laksa Udang yang terinspirasi dari menu peranakan, kuah santan kuning yang pekat dengan protein udang yang bikin mata dan lidah tergoda. Sebagai pencinta mi, kamu bisa menggunakan jenis mi apapun yang sesuai dengan kesukaan kamu. Mi mentah, mi telur kering, bihun, atau kwetiau.

Sediakan udang ukuran sedang hingga besar untuk memasak mi kuah santan ini. Selain dagingnya lebih banyak, juicy, dan terasa manis, ukuran udang yang lebih besar juga menambah penampilan laksa jadi lebih menarik.

Yuk, mulai menulis daftar belanjaan untuk memasak resep Laksa Udang ini! Jangan lupa juga untuk menyiapkan pelengkap hidangan sepinggan komplet ini, seperti kerupuk, sambal, dan potongan jeruk nipis.

Bahan

4
Porsi
400
g udang ukuran sedang
5
sdm minyak, untuk menumis
10
lembar daun jeruk, iris tipis
600
ml air
500
ml susu rendah lemak
200
ml santan kental
1
sdt garam
½
sdt gula pasir
½
butir pekak
2
cm jahe

Bumbu, haluskan

4
buah cabai merah besar
10
butir bawang merah
6
butir kemiri
3
cm kunyit
3
cm lengkuas
3
sdm ebi
2
sdt ketumbar butiran, sangrai
2
batang serai, ambil bagian putihnya

Pelengkap

150
g taoge, seduh air mendidih
150
g bihun, seduh air mendidih
100
g filet dada ayam, rebus, suwir
4
butir telur rebus, kupas
jeruk nipis, belah 2
sambal rawit

Cara membuat

1

Kupas udang, sisakan ekornya. Ambil ampas kulitnya untuk membuat kaldu. Sisihkan udang.

 

2

Cuci bersih ampas kepala dan kulit udang. Rebus ampas udang bersama jahe dan pekak selama sekitar 30 menit. Angkat. Saring kaldunya.

3

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Tuang kaldu dan santan, aduk.

 

4

Tambahkan Royco Kaldu Ayam, garam, dan gula, aduk rata. Masak hingga mendidih. Masukkan udang, masak sebentar hingga udang matang. Masukkan kucai, aduk. Angkat.

5

Siapkan mangkuk saji, masukkan taoge, bihun, daging ayam suwir, dan telur. Tuang kuah laksa beserta udang. Sajikan dengan potongan jeruk nipis dan sambal.

Selamat mencoba!