Resep Kwetiau Kuah Asam Pedas Segar Nikmat - MAHI
Mangkuk berisikan olahan resep kwetiau kuah pedas.

Resep Kwetiau Kuah Asam Pedas, Comfort Food Enak dan Berisi

Mangkuk berisikan olahan resep kwetiau kuah pedas.
Rian Farisa | Jan 18, 2023

Sedikit berbeda dengan versi kuah kaldu yang biasa kamu temui saat memesan kwetiau kuah di gerobak nasgor abang-abang ataupun di restoran, Masak Apa Hari Ini justru punya kekhasan sendiri dengan menggunakan kuah asam pedas. Tampilannya bakal mengingatkanmu dengan lezatnya tom yum, tapi juga menggunakan paduan bahan yang sedikit berbeda. Penasaran seperti apa hasil olahan resep kwetiau kuah ini? Ikuti dulu ceritanya, yuk!

Resep Kwetiau Kuah Khas Masak Apa Hari Ini

Kwetiau atau ‘kway teow’, adalah sejenis mie berbentuk pipih yang berasal dari tepung beras. Tak heran bila warnanya menjadi putih dan berbeda dengan mie telur yang berwarna kuning. Kekenyalannya pun lebih terasa dan umumnya kwetiau populer dimasak dengan cara ditumis. Salah satu hidangan nasional Singapura adalah char kway teow yang berbumbu lekoh dan menggunakan topping seafood serta kucai. Berbeda dengan di Indonesia, yang mana kwetiau gerobakan biasanya diolah mirip dengan mie goreng kampung dengan kombinasi sawi hijau serta ayam.

Layaknya mie goreng dan mie rebus, maka muncullah resep kwetiau kuah. Umumnya, kwetiau dimasak bersama kuah kaldu ayam, bakso ikan, sawi hijau, serta sayuran lainnya. Alih-alih dengan versi Masak Apa Hari Ini, kamu akan menggunakan ayam, udang, dan jamur shimeji. Untuk kuahnya ada paduan bawang putih, merah, dan bombay serta jahe, yang kemudian berpadu dengan santan, cabai rawit, Royco Saus Tiram, serta kecap ikan. Perbedaannya dengan tom yum? Penggunaan santan ketimbang susu evaporasi. Untuk aromatiknya, rajangan daun ketumbar dan perasan jeruk nipis akan menjadikan kwetiau kuah pedas a la MAHI semakin wangi dan menggoda untuk dicoba.

Rekomendasi Resep Berkuah Lainnya

Selain resep kwetiau kuah asam pedas ini, banyak lagi pilihan menu berkuah yang bisa kamu coba di lain kesempatan. Misalnya saja resep bakso kuah ataupun seblak dan laksa Betawi. Yang jelas, kamu tidak perlu membayangkan malam-malam dingin terlalui begitu saja tanpa bisa menikmati yang hangat-hangat. Selalu ada saja yang bisa hal yang baru dari ribuan koleksi resep milik Masak Apa Hari Ini!

Terakhir, jangan lupa, sempatkan mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like, ya! 

Bahan

4
Porsi
500
g kwetiau segar, seduh air panas, tiriskan
2
buah paha ayam utuh, buang kulit
250
g udang ukuran sedang, kupas, sisakan ekor
200
g jamur shimeji, siangi
100
g taoge
1200
ml air
2
batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
100
ml santan instan
4
sdm kecap ikan
8
buah cabai rawit, iris tipis
6
batang daun ketumbar, iris
10
buah tomat ceri, potong 2 bagian

Bumbu halus

1
buah bawang bombay
3
butir bawang merah
3
siung bawang putih
1
cm jahe
1
sdt garam

Pelengkap

Daun ketumbar, cincang
Jeruk nipis, potong 4 bagian

Cara membuat

1

Rebus daging ayam hingga mendidih. Kecilkan api, sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan serai hingga harum. Angkat. Masukkan ke dalam panci berisi kaldu ayam.

3

Tambahkan santan, cabai, kecap ikan dan Royco Saus Tiram. Aduk dan masak hingga daging ayam setengah matang.

4

Masukkan batang daun ketumbar dan tomat ceri. Masak hingga meresap.

5

Masukkan udang dan jamur, masak hingga udang matang. Angkat.

6

Tuang ke dalam mangkuk saji yang sudah diisi dengan kwetiau dan taoge. Sajikan bersama perasan jeruk nipis dan daun ketumbar.

Bahan-bahan

Royco Saus Tiram
Royco Saus Tiram