Resep Kue Cucur Kecap Gurih, Kejutan Menarik untuk Menjamu Keluarga Tercinta

Simpan ke bagian favorit

Nikmati sensasi sedap dari Kue Cucur Kecap Gurih berikut ini. Ya, resep klasik ini rupanya bisa menjadi kejutan baru untuk menjamu keluargamu di rumah. Simak cara membuatnya yuk!

1jam
5 Porsi
Cukup rumit
Wina|Mei 9, 2019

Kue Cucur Kecap Gurih telah sukses kubuat sendiri di rumah. Kue khas Betawi yang juga populer di wilayah lain di Indonesia hingga bahkan sejauh Malaysia dan Thailand ini memang istimewa. Dengan sedikit imbuhan kecap, camilan tradisional ini memiliki cerita baru yang harus kamu bagi untuk keluarga di rumah.

Sesuai dengan cara tradisionalnya, kita akan merebus dahulu gula merah, gula pasir, serta daun pandan dan sedikit garam. Campurkan larutan gula ini dengan gabungan tepung beras dan tepung terigu. Nah, tambahkan sedikit Bango Kecap Manis Light di tahap ini. Aksen rasa dari kecap inilah yang nanti akan menjadikan kue cucur sebagai satu pengalaman kuliner yang menarik.

Selebihnya, goreng adonan kue cucur hingga berbentuk bundar dan rapi. Sajikan saat hangat. Cocok untuk dinikmati saat minum teh sore ataupun untuk berbuka puasa di bulan Ramadan. Nikmati juga camilan seru lainnya berupa donat rumahan ataupun cilok yang kamu buat sendiri saat ngabuburit.

Bahan-bahan

Bango Light
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis Light
Beli online

Bahan

  • 100 g gula merah
  • 50 g gula pasir
  • 200 ml air, untuk merebus
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan
  • 125 g tepung beras
  • 100 g tepung terigu
  • ¼ sdt garam

Cara membuat

Merebus gula dan pandan untuk kue cucur.
1

Rebus gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam hingga larut. Saring airnya.

Membuat adonan kue cucur.
2

Masukkan tepung beras dan tepung terigu ke dalam larutan gula. Tambahkan Bango Kecap Manis Light, aduk.

Membuat adonan kue cucur dengan mixer.
3

Kocok menggunakan mixer pada kecepatan rendah selama 15 menit. Tutup dengan kain dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Menyiapkan penggorengan untuk kue cucur.
4

Panaskan minyak dalam wajan cekung kecil di atas api sedang. Ambil sendok sayur, aduk kembali adonan sebelum dituang ke dalam wajan. Sendokkan 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan secara perlahan.

Menggoreng kue cucur.
5

Siram-siram adonan dengan minyak. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar dari bentuknya, artinya kue cucur sudah matang.

Kue cucur tersaji bersama kecap.
6

Angkat dan sajikan.

Satu resep yang menarik, bukan? Nantikan kreasiku berikutnya yang dapat kamu coba juga di rumah. Aku akan menggunakan aksen kecap Bango untuk menjadikannya unik namun tetap sedap!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.