Resep Ketan Serundeng, Camilan Tradisional yang Selalu Tampil Menggiurkan

Simpan ke bagian favorit

Ketan Serundeng, tersaji hangat, gurih dan begitu berisi. Inilah sajian tradisional yang digemari banyak orang Indonesia setiap paginya. Ingin tahu cara membuatnya? Berikut adalah resepnya!

1jam
5 Porsi
Cukup rumit
Wina|Februari 22, 2019

Ada satu perasaan nostalgia saat aku menatap sajian Ketan Serundeng ini. Teringat masa lalu ketika bertandang ke kota Lembang saat akhir pekan tiba bersama keluarga. Kita mampir sejenak di sebuah pasar tradisional untuk berbelanja sayur mayur dan ibuku mengajakku membeli jajanan yang satu ini. Sebuah pemandangan yang tidak pernah terlupakan.

Berjejer para ibu berjualan ketan serundeng di kota Lembang, tapi ada satu yang ibuku selalu singgahi. Sang penjual yang sampai hari ini masih mengenaliku, terlihat selalu awet muda dan berbahagia. Ketan yang ia sajikan sungguh tak pernah berubah rasanya dan begitu nikmat cita rasanya. Yang berbeda tentunya adalah proses memasak serta tambahan bumbu yang dimilikinya. Di resep kali ini, aku mengajakmu membuat Ketan Serundeng dengan versi yang lebih sederhana namun tak kalah enaknya.

Versi yang terkenal dari kota Lembang biasanya ketan dibakar terlebih dahulu, lalu kemudian disajikan di atas daun pisang dan dibubuhi serundeng serta bumbu kacang dan sambal. Kali ini, kita cukup mengukus nasi ketan yang sudah dibumbui dan tetap kita bubuhi dengan serundeng yang sudah memiliki cita rasa gurih pedas.

Sudah siap membuatnya? Yuk, kita segera ke dapur! Di lain kesempatan, jangan lupa mencoba resep-resep lainnya seperti Lumpia Goreng Isi Ayam dan Sayur, Siomay ataupun Cimol. Banyak sekali resep camilan dari Masak Apa Hari Ini yang kamu harus coba!

Bahan-bahan

Bahan

  • 400 g kelapa parut
  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 cm kencur
  • 3 buah cabai merah
  • 1 sdt gula pasir

Nasi ketan

  • 500 g beras ketan putih
  • 150 ml susu rendah lemak
  • 100 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan

Cara membuat

Menghaluskan bumbu untuk ketan serundeng.
1

Serundeng kelapa: Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kencur dengan ulekan. Tumis dengan sedikit minyak hingga matang dan harum. Sisihkan.

2

Sangrai kelapa parut sambil terus diaduk, kemudian masukkan bumbu halus. Tambahkan Royco Kaldu Ayam dan gula, aduk. Angkat dan sisihkan.

Memasak beras untuk ketan serundeng.
3

Nasi ketan: Rendam beras ketan selama 5 jam. Buang air rendaman, bilas sekali lagi dengan air.

Memasak beras ketan serundeng.
4

Masak beras ketan, santan, garam, dan daun pandan hingga air terserap habis. Kukus beras ketan dalam dandang panas hingga matang selama 20 menit. Angkat dan biarkan hingga tidak panas.

Membentuk ketan serundeng.
5

Bulatkan ketan menjadi 15 buah.

Ketan serundeng tersaji.
6

Sajikan dengan taburan serundeng pedas.

Setelah siap semua, Ketan Serundeng siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Sajikan saat sore menjelang di akhir pekan bersama sepoci teh ataupun kopi. Pastikan untuk tidak melewatkan setiap momen seru bersama mereka!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.