Resep Kentang Balado Sederhana untuk Menu Pelengkap - MAHI
Hasil memasak resep kentang balado disajikan di atas piring putih.

Resep Kentang Balado Sederhana, Menu Pelengkap yang Selalu Dicari

Nikmat rasa pedas gurih dari resep kentang balado selalu dinanti kehadirannya di atas meja makan. Simak cara membuat resep sederhana ini, yuk!
Hasil memasak resep kentang balado disajikan di atas piring putih.
Rian Farisa | Jun 15, 2022

Sepertinya makan bersama keluarga kurang lengkap tanpa kehadiran hidangan yang satu ini. Di tengah-tengah segala sajian lezat yang tersedia, terselip gurih nikmatnya hasil olahan resep kentang balado ini. Sederhana namun menggugah selera, kalau kamu belum pernah mencobanya, sekarang adalah waktunya!

Ciri Khas Sambal Balado

Warnanya merah menyala, menggiurkan, dan menyelimuti makanan lezat yang menanti kehadiranmu untuk menikmatinya. Rasa gurih yang khas dengan rasa pedas berpadu menjadi satu, bahkan wanginya pun khas – itulah hebatnya sambal balado. Tak hanya untuk resep kentang balado, salah satu bumbu kebanggaan khas Sumatra Barat ini juga tepat diolah dengan beragam bahan.

Dari telur balado, ikan bilis, ataupun keripik kentang hingga udang serta dendeng dan juga belut. Untuk para penggemar level lanjutan, tak jarang juga mereka menyimpan stok sambalado dalam kulkas. Alasannya agar mudah dinikmati dengan apa saja dan kapan saja. Apakah kamu tipe yang seperti itu? Seru untuk dicoba, bukan?

Tips Membuat Sambal Balado

Ngomong-ngomong apa saja sih sebetulnya isi balado ini? Isinya merupakan paduan cabai yang digoreng dengan bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk. Ada yang menambahkan tomat, ada juga yang tidak. Agar lebih istimewa, coba, deh, kamu goreng cabainya menggunakan minyak kelapa. Rasanya bakal lebih otentik! Untuk rasa pedas yang lebih menendang, bisa juga memadukan cabai merah keriting dan cabai rawit seperti dalam resep kentang balado kali ini.

Tapi sebelum semua itu terjadi, kamu juga perlu memastikan agar bahan-bahan yang digunakan adalah yang paling segar. Selain warnanya akan terlihat lebih segar, tentu rasa terbaiknya akan muncul dari setiap bahan yang digunakan. Untuk mengolahnya, kamu bisa menggunakan blender agar lebih praktis, tapi tampilan yang lebih otentik, jangan ragu untuk menggunakan ulekan tradisional, ya! Lalu di tahap penggorengan, bisa jadi minyak yang digunakan pertama kali akan segera surut, maka jangan ragu untuk menuangkan sedikit tambahan agar sambal balado tidak serta merta menjadi gosong.

Sudah siap untuk mencobanya? Terakhir, jangan lupa untuk follow dan like postingan Masak Apa Hari Ini di Instagram! Di sana kamu juga bisa request resep dan bertanya langsung soal urusan masak memasak. Selamat mencoba!

Bahan

4
Porsi
500
g kentang, kupas, potong 1,5 cm
1
batang serai, memarkan
4
lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
3
cm lengkuas, memarkan
80
ml air
1
sdm santan instan
minyak, untuk menumis dan menggoreng

Sambal balado

12
buah cabai merah keriting, rebus hingga matang
6
buah cabai rawit merah
8
butir bawang merah
4
siung bawang putih
4
butir kemiri
1
sdt garam

Cara membuat

1

Panaskan minyak, goreng kentang hingga matang. Angkat dan tiriskan.

2

Sambal balado: Rebus cabai, bawang putih, dan bawang merah hingga matang. Buang airnya. Haluskan bersama kemiri dan garam. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum.

3

Tuang air, santan, dan Royco Kaldu Ayam, masak hingga mendidih.

4

Tambahkan Bango Kecap Manis, aduk. Masukkan kentang, aduk hingga sambal balado meresap. Angkat. Sajikan.

Bahan-bahan

Bango Kecap Manis
Bango Kecap Manis

Royco Kaldu Ayam
Royco Kaldu Ayam