Dua buah jumeokbap disajikan di atas piring.

Resep Jumeokbap Daging Sayuran, Ide Menu Bekal yang Lagi Viral

Ingin coba membuat menu bekal viral khas Korea yang dinamakan jumeokbap? Ikuti resep versi praktis dan lezat berikut!
Dua buah jumeokbap disajikan di atas piring.
Rian Farisa | Nov 07, 2022

Kalau di Jepang ada onigiri, maka Korea punya yang namanya jumeokbap. Sama-sama berbentuk nasi kepal, lantas apa yang membedakannya? Apakah isian dan cara membuatnya juga serupa? Sebelum mencoba resep jumeokbap versi Masak Apa Hari Ini, kenali dulu perbedaan dari kedua nasi kepal ini, yuk. Telusuri juga cerita di balik kemiripan antara kuliner Jepang dan Korea berikut ini!

Awal Korea Berkenalan dengan Kuliner Jepang

Tahukah kamu bahwa Korea pernah diduduki tentara Jepang lebih dari seabad lalu dan berlangsung selama beberapa puluh tahun? Karena itulah, kamu pasti akan menemukan menu atau makanan yang mirip-mirip dari kedua negara ini. Namun kemiripan ini tidak terjadi secara instan, lho. Banyak hal yang harus diperkenalkan dahulu dan hanya bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Ya, mirip-mirip seperti kisah kasih asmara, deh.

Semua diawali dari dibukanya pabrik penyedap rasa dan kecap asin di Korea pada tahun 1910. Dari sinilah warga Korea mulai menyukai dan memahami cita rasa khas masakan Jepang. Masih hingga pasca Perang Korea, masyarakat Korea masih serba kekurangan. Pada saat itulah Jepang mengenalkan mie ramen di sana. Dengan cepat, ramen instan menjadi populer karena harganya yang terjangkau dan disukai semua kalangan. Kini ramyeon tak kalah bersaing dengan ramen soal popularitasnya, bahkan muncul kreasi khas Korea yang berasal dari mie seperti jajangmyeon.

Seiring berjalannya waktu, akulturasi budaya kuliner kedua negara semakin kerap terjadi dan memunculkan berbagai makanan yang kamu kenal sekarang, termasuk di antaranya adalah jumeokbap.

Kapan Jumeokbap Sebetulnya Hadir?

Seluruh dunia wajib berterima kasih atas hadirnya teknologi hebat yang dinamakan rice cookerProses menanak nasi menjadi jauh lebih mudah dan cepat, sehingga kreasi makanan berbahan dasar nasi juga semakin beragam. Warga Korea mulai menikmatinya sejak tahun 1980an setelah diperkenalkan oleh negara penemunya yaitu Jepang. Kemudian hadirlah onigiri di tahun 1990an yang menginspirasi hadirnya jumeokbap sebagai panganan sehari-hari orang Korea atau sebagai menu bekal sekolah dan kerja.

Lalu apa bedanya dengan onigiri? Meski secara konsep mirip, jumeokbap sangat mengandalkan campuran tumisan daging dengan wortel. Setelah ditumis, daging dan wortel diaduk bersama nasi pulen yang sudah dibumbui dan kemudian dibentuk menjadi bulat-bulat. Sementara itu, onigiri cenderung lebih sederhana dan tidak keberatan hanya dengan mengandalkan porsi nasi yang lebih banyak, meskipun tentu ada juga kreasi onigiri yang lebih berisi. Onigiri juga umum dibentuk menjadi segitiga lalu ditutup dengan nori agar tidak lengket. Sementara itu, jumeokbap berbentuk bulat karena dibentuk dengan cara digulingkan langsung pada nori yang sudah dihancurkan.

Nah, sekarang mestinya kamu sudah semakin familier dengan perbedaan masakan Korea dan Jepang. Penasaran ingin membandingkan semuanya, seperti ramen vs ramyeon, makizushi vs kimbap, sampai onigiri vs jumeokbap? Stay tune di Masak Apa Hari Ini untuk berbagai resep populer dari Korea dan Jepang yang bisa kamu buat sendiri. Sekarang, coba dulu buat jumeokbap di rumah, yuk!

Bahan

2
Porsi

2
porsi nasi pulen
½
sdm minyak wijen
½
sdt garam
6
lembar nori, hancurkan

Tumis daging

150
g daging sapi giling
½
sdt merica hitam bubuk
3
sdm bawang bombay, cincang
2
siung bawang putih, cincang
4
sdm wortel, cincang
1
sdm minyak, untuk menumis

Pelengkap

Cara membuat

1

Tumis daging: Aduk rata daging bersama Royco Saus Tiram, Royco Kaldu Sapi, dan merica hitam bubuk. Sisihkan. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan campuran daging sapi, masak hingga hampir matang. Tambahkan wortel, masak hingga semua bahan matang. Angkat.

2

Aduk rata nasi bersama minyak wijen, garam, dan tumis daging.

3

Siapkan selembar plastik, ambil 1 sdm nasi, kemudian tutup dan kepal membentuk bulat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan. Bisa juga menggunakan kedua telapak tangan untuk membentuk bulat.

4

Siapkan nori yang sudah dihancurkan dalam piring. Gulingkan separuh bagian nasi kepal hingga sebagian permukaannya tertutup nori. Sajikan bersama Jawara Saus Sambal Hot.

Produk

Kemasan 135 ml
Kemasan 135 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 275 ml
Jawara Saus Sambal Hot
Jawara Saus Sambal Hot

Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr