Resep Gulai Sapi Kacang Merah yang Mudah dan Lezat - MAHI

Resep Gulai Sapi Kacang Merah, Spesial untuk Jamuan Keluarga

Simpan ke bagian favorit

Hangatkan suasana kumpul di rumah dengan resep gulai sapi berikut ini! Jangan lupa hadirkan juga sate dan tongseng agar semakin meriah!

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juli 15, 2022

Penggemar sate dan tongseng pastinya mengenal yang namanya gulai. Dari warung kaki lima hingga restoran, baik menggunakan daging sapi ataupun kambing, ketiga masakan ini sulit dipisahkan. Mengapa? Ini dikarenakan semuanya saling berkaitan! Supaya nggak bertanya-tanya lagi mengapa, yuk, bahas-bahas sedikit apa bedanya tongseng dengan gulai! Sesudahnya, sebagai bonus dari Masak Apa Hari Ini, jangan malu-malu untuk segera mencoba resep gulai sapi yang satu ini, ya!

Mengulik Cara Masak Tongseng

Untuk kamu yang tinggal di Pulau Jawa, tidak heran kalau bisa dengan cepat menjawab “tongseng” saat ditanya masakan apa yang paling pas sebagai padanannya sate kambing. Tongseng memang lebih populer di pulau ini karena merupakan versi Jawa dari gulai yang berasal dari Sumatra. Namun bukan berarti gulai juga sepi akan penggemar.

Lantas apakah sentuhan Jawa yang terdapat pada tongseng? Usut punya usut, ternyata semua berasal dari cara memasaknya. Umumnya daging sapi atau kambing yang digunakan untuk tongseng berasal dari yang sudah dipotong-potong dan ditusuk menjadi sate. Kemudian dengan menggunakan anglo, daging segar dimasak dengan tambahan bawang merah, kol, cabai rawit, dan tomat. Sambil ditumis, tongseng kemudian ditambahkan sedikit air dan kecap manis lalu disiram dengan kuah gulai. Hasilnya, tongseng menjadi lebih enteng, segar, sekaligus ada rasa pedas, gurih, dan manis dari kecap.

Apa Bedanya dengan Resep Gulai Sapi?

Berbeda dengan tongseng yang umumnya menggunakan bagian daging saja, gulai justru menggunakan iga, jeroan, dan juga daging. Protein biasanya direbus terlebih dahulu dan kemudian dipadukan dengan bumbu serta santan. Gulai kemudian dimasak dalam waktu cukup lama sehingga cita rasanya lebih pekat dan meresap. Satu hal lain yang membedakannya dengan tongseng adalah gulai biasanya tidak menggunakan kecap manis. Di sinilah semua menjadi paham bahwa benar sate, tongseng, dan gulai ternyata saling berkaitan! Maka, mana yang menjadi favoritmu?

Karena Masak Apa Hari Ini sudah bahas berbagi beberapa resep tongseng, maka sekarang waktunya kamu mencoba resep gulai daging sapi! Jangan khawatir, kali ini daging yang digunakan adalah bagian sengkel sehingga tidak terlalu berlemak. Agar lebih bernutrisi, ada tambahan lengkap seperti kentang, wortel, dan tentunya – kacang merah! Sedikit bersabar maka daging akan menjadi empuk, cita rasanya meresap, dan sajian istimewa siap untuk dinikmati bareng keluarga.

Sebelum mulai masak resep gulai sapi, jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini dan dapatkan beragam inspirasi untuk kegiatan kamu sehari-hari di dapur. Selamat menikmati!

Bahan-bahan

  • 300 g daging sapi bagian sengkel, potong kotak 3 cm
  • 150 g kacang merah
  • 50 g wortel, potong kotak 1,5 cm
  • 50 g kentang, potong kotak 1,5 cm
  • 800 ml air
  • 6 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 4 lembar daun jeruk
  • 65 ml santan instan
  • 1 buah tomat, cincang
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Rebus daging sapi hingga setengah empuk. Masukkan kacang merah, masak hingga kacang merah setengah matang. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk hingga harum. Masukkan Bango Bumbu Kuliner Nusantara Tongseng Khas Solo, aduk rata. Angkat.

3

Tuang bumbu tumis ke dalam panci berisi daging dan kacang merah. Masukkan kentang, santan, tomat, Royco Kaldu Sapi, dan garam. Masak hingga kacang merah empuk. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.