Resep Gadon Daging Sapi Khas Jawa Tengah - MAHI

Resep Gadon Daging Sapi, Pelengkap Makan-Makan Harian Bareng Keluarga

Simpan ke bagian favorit

Bikin makan tambah terus, yuk, coba buat gadon daging khas Jawa Tengah ini! Pas banget disajikan sebagai masakan rumahan sehari-hari!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juli 12, 2022

Kalau di Bumi Pasundan ada yang namanya aneka pepes atau pais, bergeser sedikit ke Jawa Tengah maka kamu bakal ketemu yang namanya gadon dan botok. Konsepnya mirip-mirip yaitu masakan yang dibungkus daun pisang lalu dikukus, hanya saja perbedaannya terletak pada bahan-bahannya. Menariknya, masakan tradisional yang aromatik dan menyehatkan ini bisa menggunakan beragam protein hewan maupun nabati. Kali ini yang patut kamu coba adalah resep gadon daging yang pas banget untuk melengkapi menu makan siang!

Ngomong-Ngomong, Apakah Gadon Daging Itu?

Buat kamu yang merasa kalau semua masakan Indonesia itu sulit untuk dimasak, berarti kamu belum pernah kenalan dengan yang namanya gadon daging. Sebuah hidangan sederhana berupa kukusan daging cincang yang dipadukan dengan aneka bumbu, rempah, dan santan. Cocok sebagai masakan pelengkap, gadon daging punya rasa gurih pedas yang akan menggugah selera siapapun. Lebih serunya lagi, pilihan bumbu dan rempahnya juga terbilang sederhana dan semua bahan-bahannya mudah untuk kamu dapatkan.

Secara garis besar, kamu hanya perlu membuat adonan daging cincang yang dipadukan dengan tumisan bumbu halus, padukan dalam daun pisang, dan kukus hingga matang. Dengan langkah-langkah semudah itu, kamu sudah bisa menyiapkan makan siang lezat hanya dengan tambahan seporsi nasi. Wait, yakin cuma seporsi? Enak banget, lho!

Pemilihan Bahan untuk Membuat Gadon Daging

Membawa nama besar gadon, daging cincang menjadi perhatian khusus buat kamu yang akan membuatnya. Sekarang ini banyak pilihan daging cincang di supermarket, dari yang kualitas biasa hingga yang menggunakan wagyu. Saran dari Masak Apa Hari Ini adalah menggunakan daging cincang yang sedikit lebih berlemak atau yang lebih mahal daripada daging cincang biasa, tapi jangan membeli yang paling mahal. Kehadiran lemak pada daging cincang membantu hasil akhirnya lebih gurih dan juicy, tapi bentukan gadon masih rapi. Berbeda halnya bila kamu menggunakan daging cincang yang terlalu berlemak karena rasanya bisa menjadi terlalu gurih dan tekstur kukusan menjadi tidak padat.

Selain itu, resep kali ini menggunakan santan instan agar kamu lebih praktis membuatnya. Lain kesempatan, kamu bisa investasikan waktu untuk memeras santan segar sendiri dari sebutir kelapa. Hasilnya tak kalah menarik, sama-sama lezat, lebih alami, dan terasa otentiknya. Siapa sangka ternyata memasak gadon daging bisa seseru ini?

Yuk, langsung ke dapur setelah siap dengan semuanya! Terakhir, jangan lupa untuk follow dan like akun Instagram milik Masak Apa Hari Ini dan dapatkan beragam inspirasi untuk kegiatan kamu sehari-hari di dapur.

Bahan-bahan

  • 8 lembar daun salam
  • 8 lembar daun jeruk
  • 2 sdm minyak, untuk menumis
  • Daun pisang, untuk membungkus

Adonan gadon

Bumbu halus

  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 cm lengkuas
  • 1 sdt garam

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat.

2

Adonan gadon: Aduk rata semua bahan termasuk Bango Kecap Manis Hitam Gurih dan Royco Kaldu Sapi bersama bumbu halus. Bagi menjadi 8 bagian. Sisihkan.

3

Panaskan dandang atau panci pengukus. Sisihkan.

4

Siapkan 2-3 lembar daun pisang, tumpuk. Letakkan selembar daun salam dan daun jeruk di bagian tengahnya. Sendokkan adonan gadon ke atasnya. Bungkus dan sematkan dengan tusuk gigi.

5

Ulangi proses serupa hingga menjadi 8 buah gadon.

6

Kukus dalam dandang panas hingga matang. Angkat. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.