Gelas berisikan racikan resep es kopyor.

Resep Es Kopyor Mangga Manis dan Segar untuk Menu Takjil

Coba resep es kopyor yang satu ini, yuk! Dengan kehadiran mangga manis, jadikan menu takjil hari ini lebih spesial!
Gelas berisikan racikan resep es kopyor.
Rian Farisa | Apr 12, 2023

Kelapa kopyor adalah barang langka dan harganya mahal. Lantas, apa bisa membuat resep es kopyor kalau begitu? Ada jurus rahasianya agar kamu bisa menikmati kelezatan “kelapa kopyor” dengan meraciknya sendiri di rumah sebagai menu takjil Ramadan kali ini. Penasaran rahasianya? Lanjut baca saja, yuk!

Pasokan terbatas dan harganya yang bisa mencapai 50,000 rupiah per butir. Wajar kalau kelapa kopyor hanya ada di restoran saja. Padahal ada cara mudah mengakalinya dengan memanfaatkan racikan air kelapa muda dan agar-agar serta beberapa bahan lainnya. Racikan tersebut kemudian dituangkan ke atas es batu sehingga teksturnya terpecah dan hasilnya akan menjadi tekstur daging kelapa kopyor yang hancur seperti aslinya. Istilah kerennya adalah “kopyor sintetis“. Soal rasa, ya, sebelas dua belas, tapi siapa, sih, yang tidak suka dengan kehadiran rasa kelapa pada menu takjil yang segar?

So, tunggu apa lagi? Belanja bahan resep es kopyor ini dan coba membuatnya untuk buka puasa, yuk! Mampir juga untuk cek akun Instagram dari Masak Apa Hari Ini untuk ide-ide menu takjil lainnya ataupun menu Lebaran!

Terakhir, untuk kamu yang ingin berdonasi di bulan suci ini, bisa berkontribusi resep melalui program Berkah Rasa, yuk!

Bahan

6
Porsi

300
g daging buah mangga, cincang
1
l air matang, untuk membuat es batu
Es batu, untuk penyajian

Kopyor

650
ml air kelapa
4
sdm gula pasir
3
sdm santan instan
7
g agar-agar
1
lembar daun pandan, ikat simpul

Cara membuat

1

Siapkan air matang dan dua kantung plastik bening. Buat es batu dan isi dengan masing-masing 500 ml air. Bekukan dalam freezer.

2

Kopyor: Masak air kelapa, gula pasir, santan, agar-agar, dan daun pandan di atas api kecil hingga harum dan hampir mendidih. Angkat.

3

Siapkan es batu yang sudah dikeluarkan dari plastiknya di dalam wadah besar.

4

Aduk larutan kopyor agar suhunya berkurang, kemudian siramkan ke atas es batu sedikit demi sedikit menggunakan sendok sayur hingga didapat seperti daging kelapa kopyor. Lakukan proses serupa hingga larutan kopyor habis.

5

Siapkan Buavita Mango dalam gelas saji yang sudah diberi es batu. Tambahkan kopyor dan buah mangga ke dalamnya. Sajikan.

Produk

Buavita Mango
Buavita Mango