Resep Eclair Isi Custard Chocolate Milk Tea | Masak Apa Hari Ini?

Resep Eclair Custard Chocolate Milk Tea, Inspirasi Dessert Wajib Coba

Simpan ke bagian favorit

Penggemar choux pastry pasti tak asing dengan eclair. Kali ini MAHI ingin ajak kamu untuk membuat resep eclair dengan isian custard choco milk tea!

2jam
3 Porsi
Cukup rumit
Valentina|September 16, 2021

Penggemar kue soes atau segala jenis kue berbahan adonan choux pastry pasti tak asing dengan Eclair. Kali ini Masak Apa Hari Ini ingin mengajak kamu untuk berkreasi di dapur lewat resep Eclair Isi Custard Chocolate Milk Tea yang lembut di lidah. Custard sengaja dibuat berbeda dengan memadukan kelezatan cokelat pekat dan SariWangi Milk Tea Teh Tarik.

Supaya tak ragu untuk bikin adonan dessert klasik asal Prancis ini, kita simak tips di bawah ini, yuk!

Tips bikin resep eclair anti gagal

Pertama, pastikan bahan cairan—air, susu, atau mentega yang dipanaskan—benar-benar  mendidih sebelum ditambahkan tepung. Hal ini berfungsi agar bahan dapat segera mengikat. Aduk cepat menggunakan adonan setelah memasukkan tepung agar tepung tidak menggumpal. Angkat segera setelah adonan menyatu dan licin. Proses pengadukan di atas api yang terlalu lama akan membuat adonan lebih berminyak dan lebih encer. Sehingga ketika dipanggang, volume adonan jadi kurang maksimal.

Kemudian, masukkan telur satu per satu saat adonan dalam keadaan hangat dan kocok menggunakan mixer kecepatan tinggi atau whisk. Adonan yang terlalu panas akan membuat telur terlalu matang. Ini juga akan mempengaruhi volume adonan jadi tidak mengembang. Beri jarak yang cukup antara satu adonan dan lainnya ketika dipanggang. Adonan kue sus yang disemprot dalam jumlah banyak akan menghasilkan kue sus yang jauh lebih besar. Jika jarak satu dan lainnya terlalu berdekatan, eclair tidak akan mengembang maksimal.

Mengenai oven untuk memanggang eclair

Terakhir, biasakan untuk selalu memanaskan oven terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memanggang cake atau kue. Selama proses memanggang hindari membuka pintu oven yang akan menurunkan tekanan udara panas dan berakibat volume eclair menjadi turun atau kempis.

Jadi lebih percaya diri untuk bikin resep Eclair Isi Custard Chocolate Milk Tea, kan? Yuk jangan ragu untuk bikin dessert populer restoran atau kafe ini di rumah!

Bahan-bahan

sari wangi milk
Yang diperlukan:
SariWangi Milk Tea Teh Tarik
Beli online

Adonan eclair

  • 160 ml air
  • ½ sdt garam
  • 80 g mentega
  • 120 g tepung terigu
  • 3 butir telur ayam

Custard chocolate milk tea

  • 400 ml susu cair
  • 80 g cokelat masak pekat, sisir
  • 3 butir kuning telur
  • ¼ sdt ekstrak vanilla
  • 1.5 sdm tepung maizena

Topping

  • Cokelat pekat, lelehkan
  • Gula bubuk

Cara membuat

resep eclair suhu oven
1

Panaskan oven pada suhu 190˚ C. Sisihkan.

resep eclair adonan
2

Adonan eclair: Masak air, mentega, dan garam hingga mendidih. Matikan api. Masukkan tepung terigu, aduk cepat menggunakan spatula hingga tercampur rata. Masak kembali di atas api kecil sambil diaduk cepat hingga adonan kalis atau licin. Angkat.

resep eclair adonan kalis
3

Biarkan hingga tidak panas. Masukkan telur satu per satu hingga tercampur rata. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diberi spuit bintang di bagian ujungnya.

resep eclair adonan semprot
4

Semprotkan adonan ke atas loyang sepanjang 8 cm. Beri jarak masing-masing adonan.

resep eclair panggang
5

Panggang dalam oven panas selama 35-40 menit. Keluarkan. Sisihkan.

resep eclair teh tarik
6

Custard chocolate milk tea: Masak SariWangi Milk Tea Teh Tarik bersama semua bahan custard kecuali mentega. Masak sambil diaduk hingga meletup. Angkat. Saring selagi panas. Tambahkan mentega, aduk rata. Diamkan hingga tidak panas. Masukkan ke dalam kantung plastik segitiga yang diberi spuit di bagian ujungnya. Sisihkan.

resep eclair isian
7

Ambil 1 éclair, lubangi salah satu sisinya menggunakan ujung pisau kecil. Ulangi proses serupa pada sisa eclair.

resep eclair isian
8

Semprotkan custard chocolate milk tea ke dalam masing-masing eclair. Kemudian hiasi eclair dengan topping. Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.