Jenis Masakan


Resep Ebi Furai yang Tak Kalah Enak dengan Versi Restoran

Simpan ke bagian favorit

Baik sebagai gorengan untuk berbuka puasa ataupun pelengkap saat makan malam, ebi furai memang tak ada yang mengalahkan. Simak cara membuatnya berikut ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Mei 1, 2020

Ebi furai, salah satu hidangan cepat saji a la restoran Jepang yang tentunya sudah lekat dengan pengalaman makan orang Indonesia. Terdiri dari dua kata dalam bahasa Jepang dan serapannya, ebi yang berarti udang serta furai yang berarti fry atau goreng. Ya, sesimpel itu artinya alias udang goreng. Tapi tak hanya sekadar digoreng, yang menjadikan ebi furai istimewa adalah karena salutan tepung panko yang menjadikannya krispi.

Untuk resep ini, kamu akan membutuhkan udang dalam ukuran besar. Layaknya tempura, masakan ini membutuhkan bahan dalam ukuran lebih besar karena akan menjalani proses disalut tepung dan penggorengan deep fry. Bila ukurannya terlampau kecil, maka cita rasa udang akan kalah dengan salutan tepung yang cukup tebal. Bayangkan udang goreng yang terjejer rapi dengan tepung panko kriuk saat disajikan bersama Saus Sambal Jawara Hot. Pasti mengundang selera, bukan? Tambahkan mayones agar semakin semarak!

Kalau sudah lengkap belanjaannya, yuk, kita melangkah ke dapur dan berkreasi di saat waktu ngabuburit ini. Jadikan ebi furai sebagai pemeriah suasana saat berbuka. Lengkapi dengan egg roll ataupun ayam goreng renyah agar suasana kebersamaan semakin hangat!

Bahan-bahan

Bahan

  • 8 ekor udang ukuran besar, buang kulit, sisakan ekor
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • minyak, untuk menggoreng

Tepung pencelup, aduk rata

Tepung pelapis

  • 100 g tepung panir kasar (panko)

Pelengkap

Cara membuat

1

Siapkan udang, buat keratan pendek di sepanjang bagian bawah udang. Tekan-tekan agar menjadi lurus. Bumbui udang dengan Royco Kaldu Ayam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.

2

Celupkan udang ke dalam tepung pencelup, lalu beri tepung pelapis sambil ditekan-tekan agar menempel dengan rata. Tata udang di dalam wadah, lalu simpan di dalam lemari es selama 30 menit.

3

Goreng udang di dalam minyak panas dan banyak hingga matang dan berwarna cokelat keemasan. Angkat, tiriskan.

4

Tata ebi furai di atas piring saji. Sajikan bersama Saus Sambal Jawara Hot dan mayones.

Ternyata tidak sulit untuk membuatnya, bukan? Pastikan untuk mengolah udangnya sesuai instruksi dan siapkan minyak yang panas agar proses penggorengan berjalan sempurna. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.